Cara dan Syarat Pendaftaran di Poltekkes Kemenkes Riau

Baaca.id — Poltekkes Kemenkes Riau salah satu perguruan tinggi berbasis kesehatan yang berlokasi di Pekanbaru, Riau. Berlokasi di Jalan Melur nomor 103 Harjosari, Sukajadi, Pekanbaru.

Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perawatan atau berkaitan dengan bidang kesehatan bisa mendaftar ke Politeknik Kesehatan Riau. Salah satu rekomendasi sekolah kesehatan berkualitas di Pekanbaru, Riau.

Program Studi Poltekkes Kemenkes Riau

Jurusan Kebidanan:

  • DIII Kebidanan
  • DIV Kebidanan

Jurusan Keperawatan:

  • DIII Keperawatan
  • DIV Keperawatan

Jurusan Gizi:

  • DIII Gizi
  • DIV Gizi

Jalur Pendaftaran Poltekkes Kemenkes Riau

Pendaftaran Jalur PMDP

PMDP atau Penelusuran Minat Dan Prestasi ini merupakan jalur yang di tawarkan pada siswa memiliki prestasi. Kemudian siswa tersebut lulus tahun ini serta mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Poltekkes Kemenkes Riau.

Syarat lain jalur PMDP calon siswa mendapatkan rekomendasi dari Kepala sekolah. Dari rekomendasi itu, maka Anda bisa melakukan  pendaftaran, dengan persyaratan tertentu yang telah ditentukan.

Syarat mendaftar Anda lulus Madrasah Aliyah (MA) dan SMA jurusan IPA, IPS kelas XII dengan nilai semua mata pelajaran rata-rata 07 dari semester 1-V.

Kemudian, Anda hanya bisa memilih satu program studi bila nanti diterima atau lulus seleksi. Namun, jika tidak lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK dinyatakan gugur. 

Persyaratan Administrasi PMDP

Anda ingin mendaftar Poltekkes Kemenkes Riau harus memiliki rekomendasi dari kepala sekolah. Surat rekomendasi tersebut harus ditandatangani oleh kepala sekolah.

Langkah berikutnya mengisi formulir pendaftaran dengan biodata yang lengkap dan ditandatangani oleh orang tua atau wali murid. Selain itu, membuat surat pernyataan bermaterai Rp 6000.

Surat pernyataan tersebut menyatakan menerima segala keputusan panitia atas hasil pengukuran tinggi badan saat uji kesehatan. Lalu, melampirkan foto terbaru ukuran 4×6 hitam putih sebanyak 4 lembar.

Satu lembar foto ini ditempelkan pada formulir pendaftaran. Langkah selanjutnya melampirkan fotokopi rapor semester 1-5 yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah dan melampirkan fotokopi sertifikat prestasi (jika ada).

Persyaratan Pendaftaran Poltekkes Kemenkes Riau

Warga negara Indonesia yang telah lulus SMA, MA dan SMK atau paket C sederajat, kemudian berumur maksimal 27 tahun dan memilih jurusan sesuai dengan ketetapan panitia.

Tinggi badan laki-laki 155 sentimeter dan perempuan 150 sentimeter. Hal lain yang penting mendapat perhatian saat mendaftar, yaitu: tidak buta warna, serta tidak hamil ketika mendaftar.

Pendaftaran Online Poltekkes Kemenkes Riau

Cara mendaftar Poltekkes Kemenkes Riau secara online sangatlah mudah. Buka pkr.ac.id, lalu klik menu registrasi baru dan isi password. Sesudah mengisi pendaftaran lanjutan mengirimkan berkas ke alamat website di atas.

Baca Juga:

Pendaftaran Jalur Gakin dan Jalur DTPKl

Pendaftaran Jalur Gakin dan Jalur DTPKl persyaratan dan cara mendaftarnya sama dengan PMDP.

Pendaftaran Jalur Gakin

Mendaftar ke Poltekkes Kemenkes Riau Anda bisa melalui jalur Gakin. Jalur Gakin merupakan jalur mahasiswa dari keluarga ekonominya tidak mampu.

Pendaftaran Jalur DTPKl

Masuk ke Poltekkes Kemenkes Riau bisa lewat jalur DTPK, atau jalur seleksi mahasiswa baru yang berasal dari Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan.

Jalur ini siswa harus memenuhi persyaratan akademik sesuai kriteria seperti persyaratan jalur lewat PMDP.

Adapun persyaratan administrasi Anda wajib mengisi formulir pendaftaran yang ditandatangani oleh Anda sebagai calon siswa, lalu diketahui orang tua.

Persyaratan lain yang wajib Anda penuhi, yaitu surat pernyataan dari orang tua. Untuk mengembalikan biaya telah diberikan oleh pihak Poltekkes Kemenkes Riau, bila data tersebut tidak benar.

Melampirkan foto bagian depan, belakang rumah, kemudian kiri, kanan serta bagian dalam rumah yang disahkan oleh ketua RT, RW, kelurahan setempat.

Foto ayah, ibu, dan fotokopi kartu keluarga, selanjutnya rekening listrik terakhir dan surat keterangan miskin atau tidak mampu dari RT, RW dan kelurahan setempat.

Pendaftaran Poltekkes Kemenkes Riau Jalur Alih Jenjang

Lain lagi jalur alih jenjang ini, Anda bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dari DIII ke DIV dengan mengikuti jalur tersebut. Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk mendaftar ke jalur;

  1. Menyerahkan pas foto berwarna merah ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dan ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar
  2. Fotokopi legalisir ijazah DIII Kebidanan sebanyak 1 lembar
  3. Fotokopi legalisir transkrip nilai DIII Kebidanan dengan minimal 2,75 sebanyak 1 lembar.
  4. Surat pernyataan bersedia menanggung biaya pendidikan bermaterai Rp 6.000.
  5. Surat pernyataan ijin dari suami dan orang tua bermaterai Rp 6000
  6. Surat pernyataan persetujuan dari atasan bermaterai Rp 6000 bagi yang telah bekerja.
  7. Diutamakan lulusan Poltekkes Kemenkes Riau dengan pengalaman 2 tahun
  8. Surat bermaterai Rp.6000 tentang pernyataan menerima segala keputusan Panitia atas pengukuran tinggi badan pada saat uji kesehatan yang telah ditandatangani oleh peserta.
  9. Bukti pembayaran pendaftaran dari bank
  10. Pendaftaran dilakukan lewat online pkr.ac.id, kemudian mengirimkan berkas persyaratan ke panitia Simpenmaru Poltekkes Kemenkes Riau.

Itulah ulasan dan informasi singkat tentang cara mendaftar ke Poltekkes Kemenkes Riau. Ada beberapa jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang telah disediakan oleh Poltekkes Kemenkes Riau.

Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di situs resmi Poltekkes Kemenkes Riau https://simpenmaru.pkr.ac.id

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button