Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya dan Berkualitas

Baaca.id — Saat ini banyak sekali orang yang tidak dapat melanjutkan pendidikan karena tidak ada uang dan akibatnya banyak anak-anak yang melanjutkan sekolah SMA, SMP, menganggur, sehingga anak-anak tersebut tidak dapat mencari pekerjaan untuk menopang kehidupan mereka untuk melanjutkan.

Karena banyak sekolah negeri yang memungut biaya pendidikan tinggi sehingga orang tua tidak dapat membiayai anaknya untuk melanjutkan pendidikan, dan para orang tua berinisiatif untuk memasukan anaknya ke pondok pesantren gratis tanpa biaya, yang memang solusi tepat bagi para orang tua.

Dari segi informasi pondok pesantren gratis tanpa biaya untuk siswa SMA, ada beberapa pondok pesantren yang menawarkan program ini. Padahal biaya operasional pondok pesantren tidak murah. Apalagi jika menyangkut biaya hidup mahasiswa.

Oke, kembali ke pondok pesantren gratis tanpa biaya. Saat ini ada beberapa pesantren di Indonesia yang menawarkan program gratis untuk santrinya. Ada ponpes yang menawarkan biaya pendidikan gratis dan akomodasi konsumen selama kos (makan gratis), dan ada juga ponpes yang menawarkan pendidikan gratis, tetapi akomodasi di luar tanggung jawab pesantren.

Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya di Indonesia

Pesantren Sulaimaniyah seluruh Indonesia

Setahu saya lembaga ini adalah pesantren yang dibiayai dengan dana zakat dari muzakki. Yayasan tersebut adalah United Islamic Cultural Center of Indonesia (UICCI).

Pada tahun 2005, Jakarta sudah memiliki 29 cabang di Indonesia, yaitu di Jakarta, Banten, Aceh, Medan, Surabaya, Kalimantan, Yogyakarta, Semarang, Temanggung, Klaten, Bandung, Sukabumi, Bogor, Palembang, Sumenep, Lumajang, dll. Bahkan, Pesantren ini memiliki cabang hampir di seluruh dunia, dengan kategori SMP, SMA, Pelajar, Tadris dan Tahfizhul Quran.

Pondok Pesantren Sulaimaniyah ini memiliki fasilitas ijazah pendidikan setara SMP, SMA, dan juga terdapat pondok pesantren santri.

Berikut beberapa alamat Pesantren Sulaimaniyah di Indonesia:

  • Pesantren Walidah Sultan (Pasar Minggu), Pesantren Sulaimaniyah Jakarta (Pulogadung), Pondok Pesantren Duren Sawit (Jakarta Timur) Jakarta
  • Pondok Pesantren Sulaimaniyah La Tahzan Bintaro (Pondok Aren), Pondok Pesantren Sulaimaniyah Misykatul Ardhi Bintaro (Pondok Pucung) Banten
  • Pesantren Sulaimaniyah Nur Ali (Sukabumi),
  • Pesantren Sulaimaniyah Puncak (Cisarua) Jawa Barat
  • Pesantren Sulaimaniyah Al Hidayah (Klaten),
  • Pesantren Sulaimaniyah Nida Al Quran (Temanggung),
  • Pesantren Sulaimaniyah Al Hikmah DIY
  • Jawa Timur: Pesantren Sulaimaniyah Surabaya (Wonocolo),
  • Pesantren Sulaimaniyah Hidayatul Hasan (Lumajang),
  • Pesantren Sulaimaniyah Al Karimiyah (Sumenep),
  • Pesantren Sulaimaniyah Al Munir (Situbondo),
  • Pesantren Sulaimaniyah Al Ikhlas (Pasuruan) Jawa Timur
  • Pesantren Sulaimaniyah Habibie Center (Kota Baro, Aceh)
  • Pesantren Sulaimaniyah Syarief (Medan), Sumatera Utara
  • Pesantren Sulaimaniyah Farhan Sultan (Medan) Sumatera Utara
  • Pesantren Sulaimaniyah PFlembang (Ilir Barat I) Sumatera Selatan
  • Pesantren Sulaimaniyah Nurul Fikri (Banjarmasin) Kalimantan Selatan
  • Pesantren Nur Aisyah (Mataram) Nusa Tenggara Barat

Baca Juga:

Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya di Jawa Barat

Darul Qur’an Li Banat Li Tahdzifil Qur’an

Gratis biaya pendidikan 100% bagi santri putri. Merupakan pondok pesantren tahfidz khusus putri yang menerapkan metode Talaqqi Bi al Musyafahah. Memakai Kurikulum lokal dengan mengacu pondok pesantren klasik pada umumnya, secara khusus berkiblat ke Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah.

Pesantren ini menyediakan segala perlengkapan dan fasilitas yang ada secara cuma-cuma. Sedangkan biaya kebutuhan sehari-hari menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa (bisa disepakati dengan dosen pembimbing). Alamat: Desa Bendungan No. 24 Kabupaten Subang, Kecamatan Pagaden Barat Jawa Barat.

Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya di Jawa Tengah

Ponpes Rijalul Quran Gunungpati

Pesantren dengan konsep khusus untuk anak yatim, dan dhuafa. Hanya mewajibkan santri, selama mereka ingin menghafal Al-Qur’an, diterima di pesantren ini. Dan untuk siswa, gratis atau gratis. Karena keterbatasan tempat dan dewan pengajar, setiap angkatan hanya menerima sekitar 15-25 siswa.

Selain dengan program gratis, pondok pesantren ini juga memiliki ruang bagi golongan yang kurang mampu, namun tidak banyak jika dibandingkan sekitar 70 santri gratis dan 30 tempat bagi yang mampu.

Alamat: l. Pakintelan 1 RT 02/IV Kel. Pakintelan, Kec. Gunungpati, Kota Semarang – 50229

Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya di Jawa Timur

Pondok Pesantren Al-Firqoh An-Najiyah Malang

Menjalankan BEASISWA 100% gratis untuk Tahfizhul Qur’an selama 2 tahun (Setara Diploma 2) untuk lulusan SMA/MA/Sederajat. tersedia untuk putra dan putri. Menggunakan sistem boarding (asrama). Para santri akan mengadakan Hafalan Al-Qur’an dengan target 30 juz selama 2 tahun.

Dan dilanjutkan dengan pengabdian selama 1 tahun. Yang digratiskan oleh lembaga ini adalah biaya pendidikan. Terkait mengenai kebutuhan akomodasi untuk para santelah tri menjadi tanggungan masing masing. Sekretariat Pondok Pesantren di Desa Donowarih, Kec. Karangploso, Kab. Malang, Jawa Timur

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button