PP Muhammadiyah Imbau Warga Salat Idul Adha di Rumah Masing-masing

Baaca.id, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menerbitkan surat edaran mengenai salat Idul Adha untuk tidak dilaksanakan di masjid, lapangan, atau fasilitas lainnya.

PP Muhammadiyah merekomendasikan untuk melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing. Surat edaran tersebut ditandangani oleh Ketua Umum Haedar Nashir, dan Sekretaris Agung Danarto pada tanggal 2 Juli 2021 dengan nomor 05/EDR/I.0/E/2021 tentang Imbauan Perhatian, Kewaspadaan, dan Penanganan COVID-19, Serta Persiapan Menghadapi Idul Adha 1442 H/2021 M.

“Hukum asal pelaksanaan shalat Idul Adha adalah sunah muakkadah dan dilaksanakan di lapangan,” kata Muhammadiyah dalam surat itu.

“Oleh karena kondisi penyebaran Covid-19 saat ini sangat tinggi dan cepat serta sangat membahayakan, maka pelaksanaan shalat Idul Adha tahun 1442 H dilaksanakan di rumah masing-masing,” demikian isi surat edaran tersebut

PP Muhammadiyah menjelaskan, kondisi saat ini menuntut untuk melaksanakan salat di rumah. Hal itu sekaligus sebagai bentuk perhatian atas riayatu al-masalih atau perwujudan kemaslahatan manusia, berupa perlindungan diri, agama, akal, keluarga, dan harta benda.

Mengenai penyembelihan hewan kurban, PP Muhammadiyah menyarankan untuk dialihkan berupa dana dan disalurkan melalui Lazismu lalu diberikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

Menyembelih hewan kurban juga bisa dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) agar higienis dan juga lebih sesuai syariat. Penyembelihan hewan kurban kecil seperti kambing atau domba sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional.

Namun sebaiknya, kata PP Muhammadiyah, warga yang mampu agar bersedekah berupa uang tunai daripada menyembelih hewan kurban.

Selain terkait pelaksanaan Idul Adha, Muhammadiyah juga menganjurkan untuk meniadakan salat berjamaah di masjid dan mushala.

“Segala ibadah baik yang sunah maupun fardu yang melibatkan jemaah hendaknya dilaksanakan di rumah,” kata Muhammadiyah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button