PPKM Lanjut Hingga 4 Oktober, Sejumlah Daerah Turun Level

Baaca.id, JAKARTA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang lagi hingga 4 Oktober. PPKM akan terus berlanjut hingga seluruh indikator pengendalian Covid-19 tercapai.

“PPKM akan terus dilaksanakan hingga seluruh indikator menunjukkan level yang aman. Seluruh pelaksanaan PPKM akan dievaluasi rutin secara mingguan dan keputusan perpanjangan atau penurunan level PPKM pada wilayah pulau Jawa dan Bali akan dilakukan setiap 2 minggu sekali dari semula seminggu sekali. Sementara wilayah lain di luar Jawa dan Bali akan ditetapkan tetap setiap 2 minggu sekali,” terang Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Senin (20/9/2021).

Menurut Luhut, pendemi telah terkendali. Beberapa indikator level aman telah dicapai.

Namun PPKM harus tetap dilanjutkan untuk menekan mobilitas masyarakat. Dikhawatirkan kata Luhut, jika pelonggaran dilakukan secara penuh akan meningkatkan kembali mobilitas dan mendorong naiknya angka kasus.

Dalam PPKM kali ini beberapa daerah telah turun level dari 3 ke 2. Dan tak ada lagi kabupaten kota di Jawa-Bali yang berada di level 4.

Sementara, pada wilayah dengan status PPKM Level 3 dan 2, ada sejumlah pelonggaran pembatasan yang diberikan. Bioskop boleh beroperasi namun dengan batasan kapasitas 50% dan hanya mereka yang berkategori hijau pada aplikasi PeduliLindungi boleh masuk.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button