Program Perlengkapan Sekolah Gratis Dongkrak Perekonomian Masyarakat Bantaeng

Baaca.id, BANTAENG – Tahun 2021 ini merupakan tahun ketiga program Perlengkapan Sekolah Gratis dijalankan Pemkab Bantaeng.

Rupanya, program sebagai wujud upaya terus mendorong kemajuan dunia pendidikan yang dicanangkan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin itu juga berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya bagi sejumlah kelompok penjahit di Bantaeng.

Untuk diketahui, penyerahan secara simbolis kain seragam untuk peserta didik PAUD, SD dan SMP tahun ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan fakta integritas dengan kelompok penjahit yang ada di Kabupaten Bantaeng di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bantaeng, Kamis (24/9/2021).

Setidaknya, ada 132 kelompok penjahit dengan total jumlah 1.389 anggota dilibatkan untuk memproduksi perlengkapan sekolah gratis tahun ini.

Di hadapan para penjahit itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengungkapkan, pemkab yang ia pimpin saat ini bisa saja mengabil kebijakan pabrikasi. Namun bukan itu tujuannya.

Ternyata, Ilham juga mencanangkan Bantaeng ke depan mampu menjadi produsen perlengkapan sekolah dan berjalan beriringan dengan menghidupkan pelaku usaha.

“Selain meringankan beban orang tua, kita juga menghidupkan pelaku usaha dan menggerakkan ekonomi yang mengedepankan kualitas dan kemanfaatannya. Kedepankan kualitas pekerjaan, perlihatkan hasil yang layak untuk dipergunakan anak-anak kita,” ungkap dia.

“Semoga ini memberikan manfaat yang besar untuk pembangunan sumber daya di Bantaeng,” imbuh bupati peraih penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM dari Kementerian Koperasi dan UKM itu.

Salah seorang ketua kelompok penjahit, Nursam (50) turut berucap syukur dengan adanya program Perlengkapan Sekolah Gratis di Banateng.

Diakui, banyak ibu rumah tangga bahkan hingga di pelosok desa yang terbantu dengan program yang telah berjalan selama tiga tahun tersebut.

“Kami sangat terbantu dengan program ini. Ibu – ibu rumah tangga memiliki pekerjaan yang telah mampu meningkatkan perekonomian. Anak – anak mendapatkan perlengkapan sekolah gratis, dan orang tuanya mendapat penghasilan dari menjahit,” aku dia. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button