Lebih Dekat dengan Pulau Barrang Lompo Makassar

Baaca.id — Ketika mengunjungi kota Makassar, di barat laut akan menemukan sebuah pulau yang eksotis bernama Pulau Barrang Lompo. Pulau yang terletak di utara pulau Barrang Caddi, termasuk wilayah Kelurahan Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarang.

Berjarak 9 mil dari kota Makassar, merupakan gugusan kepulauan yang indah. Pulau seluas 20,3 hektar ini dihuni oleh kurang lebih 3000 jiwa yang sebagian bekerja sebagai nelayan.

Selain mata pencaharian sebagai nelayan, penduduk di Pulau Barrang Lompo mayoritas beragama Islam tersebut bekerja sebagai pedagang, sampai dengan pegawai negeri.

Ada banyak suku yang menghuni pulau ini, dari suku Bugis sampai Tionghoa. Hal menarik dari keberadaan etnis-etnis tersebut, yakni kampung tempat tinggal yang diberi nama sesuai dengan latar belakang mereka berasal, seperti kampung Melayu sampai kampung Arab.

Terumbu Karang Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo merupakan bagian dari kepulauan Spermonde dengan ciri khas hamparan terumbu karang yang seluas 71,75 hektar.

Hamparan terumbu karang begitu eksotis menyebar ke berbagai wilayah mulai dari utara hingga barat yang masing-masing luasnya sekitar 200 meter.

Tidak hanya menyajikan puluhan hektar terumbu karang, Anda bisa menikmati suguhan aneka warna-warni jenis ikan di sekitar kedalaman 3-6 meter dari permukaan laut

Rumah Bagi Ribuan Ikan Karang

Pulau yang terletak di barat laut kota Makassar itu merupakan rumah bagi ribuan jenis ikan karang. Setidaknya ada 25 spesies antara lain: Ikan target, ikan mayor, sampai ikan indikator.

Snorkeling dan Diving di Pulau Barrang Lompo

Keindahan lain dari pulau ini, yaitu terumbu karang. Kedalaman laut yang berada di 3-6 meter menjadi lokasi terbaik melihat pesona terumbu karang.

Anda bisa melakukan snorkeling maupun diving dengan menyewa jasa peralatannya yang  disewakan oleh pengelola.

sepuluh meter dari permukaan laut menjadi tempat terbaik untuk melihat keindahan alam di bawah laut. Anda cukup membayar Rp 50 ribu untuk menyewa peralatan tersebut.

Baca Juga

Wisata Religi Makam-makam Islam di Pulau Barrang Lompo

Ketika Anda berkunjung ke Pulau Barrang Lompo tidak hanya suguhan terumbu karang yang eksotis. Anda dapat melakukan kegiatan wisata religi dengan mengunjungi beberapa makam-makam kuno Islam yang bertarikh abad ke-17.

Lokasi makam terletak di sekitar area Masjid Nurul Yaqin. Anda akan menemukan beragam bentuk nisan tipe Hulu Badik di sisi utara diyakini terpengaruh budaya Minangkabau.

Sedangkan tipe nisan mahkota di sisi selatan terpengaruh budaya Mandar. Ada juga ditemukan tipe nisan motif suluran daun dan tipe geometri.

Melihat Sunset di Pulau Barrang Lompo

Setelah puas menikmati keindahan alam di bawah laut, saatnya Anda berburu sunset saat senja hari di dermaga yang ada di sekitar Pulau Barrang Lompo.

Anda bisa menyaksikannya indahnya matahari terbenam dari ufuk barat. Pemandangan semakin cantik dengan latar belakang lalu lalang kapal-kapal.

Saat seperti ini, bisa Anda manfaatkan untuk berfoto bersama keluarga atau teman dengan latar belakang laut atau hamparan terumbu karang yang indah.

Sembari menikmati indahnya sunset di sore hari. Anda bisa juga berburu aneka kuliner yang ada di sekitar lokasi wisata.

Beberapa menu kuliner khas pulau ini Anda dapat nikmati menu makanan tradisional Coto Makassar hingga barat seperti burger dan steak.

Berburu Aneka Kerajinan Tangan

Anda juga bisa melakukan kegiatan traveling dengan berburu aneka kerajinan. Kapal Pinisi, gantungan kunci, bahkan juga akan menemukan kerajinan berbahan dasar kerang.

Harga Tiket Kapal dan Rute Menuju Lokasi Pulau Barrang Lompo

Harga Tiket Kapal

Fasilitas transportasi di pulau ini cukup memadai. Anda bisa melakukan perjalanan ke Pulau Barrang Lompo dengan transportasi kapal membayar Rp 10.000 per orang.

Rute Menuju Lokasi Pulau Barrang Lompo

Jika Anda ingin berlibur ke pulau ini, Anda dapat menggunakan fasilitas kapal penumpang di Dermaga Kayu Bangkoa.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Kurang lebih 30 menit Anda sampai di Pulau Barrang Lompo.

Itulah ulasan singkat tentang Pulau Barrang Lompo di wilayah Makassar, yang bisa menambah pengetahuan dan menginspirasi.

 

 

Related Articles

Back to top button