Pulau Intan Lestari dan Kontribusinya Terhadap Industri Tekstil

Baaca.id — Pabrik tekstil menjadi bagian tak terpisahkan dari industri di Indonesia. Kualitas tekstil yang dihasilkan oleh pabrik tekstil yang ada di Indonesia bahkan telah diakui oleh dunia.

Bahkan banyak perusahaan pakaian hingga desainer-desainer fashion tingkat dunia yang mengandalkan pabrik tekstil asal Indonesia sebagai sumber pasokan bahan tekstil.

Meski demikian, tak banyak pabrik tekstil yang mampu bertahan hingga saat ini, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Banyak pabrik tekstil yang pada akhirnya bertumbangan atau jika tak ingin jatuh bangkrut terpaksa mengencangkan ikat pinggang dengan melakukan perampingan karyawan hanya agar bisa tetap bertahan di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Fasilitas Menarik di Arthama Hotel Makassar

Dan, salah satu dari sedikit yang mampu bertahan dan tetap eksis meski wabah Covid-19 melanda adalah pabrik tekstil PT Pulau Intan Lestari.

Anak Usaha Pulau Intan

Pabrik tekstil Pulau Intan Lestari atau PT PIL yang merupakan anak perusahaan dari Pulau Intan ini mampu tetap bertahan bahkan kian maju dan telah memberikan kontribusi yang besar untuk perkembangan industri tekstil nasional.

Pulau Intan Lestari yang berdiri sejak tahun 1990 ini bahkan memiliki strategi untuk terus mengembangkan sayapnya hingga di level internasional.

Produk yang dihasilkan oleh PT PIL ini bahkan mampu bersaing dengan pabrik tekstil lain tak hanya yang ada di Indonesia tapi juga yang ada di luar negeri.

Selain itu, produk garmen yang dihasilkan oleh PT PIL pun dari sisi harga jauh lebih terjangkau dibandingkan produk sejenis dari pabrik tekstil lainnya.

Pengalaman selama lebih dari 30 tahun menjadikan Pulau Intan Lestari memahami benar seluk beluk industri tekstil hingga jenis tekstil yang diminati oleh pasar lokal maupun internasional.

Perkembangan Industri Pulau Intan Lestari

PT Pulau Intan Lestari dalam menjalankan bisnisnya tak melulu mengejar keuntungan semata tapi juga concern terhadap perkembangan industri dari yang semula manual kini serba digital dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Dengan diversifikasi industri ini, semakin membuat PT PIL menjadi pemimpin dalam hal perkembangan manufakturnya.

Proses suplai tekstil menjadi lebih cepat sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan volume produksi yang juga semakin meningkat.

Produksi Pulau Intan Lestari Berbasis Teknologi Digital

Untuk menyesuaikan perkembangan zaman itu, Pulau Intan Lestari bahkan mendatangkan secara khusus tim ahli IT untuk mengembangkan teknologi dalam industri tekstil yang mereka jalankan.

Perangkat lunak yang khusus digunakan untuk memanajemen bisnis yakni; SAP Business One membuat proses industri menjadi lebih sederhana yang merencanakan sumber daya di PT PIL secara lebih cermat dan efisien.

Jika dulu, PT PIL sepenuhnya mengandalkan sistem berbasis kertas kini dengan teknologi SAP sepenuhnya digunakan untuk operasional perusahaan yang bisa dipantau secara up to date dan real time.

Dengan begitu, manajemen Pulau Intan Lestari lebih fokus dalam pengembangan pasar serta jeli melihat peluang pasar yang sedang tren.

Hasilnya, PT PIL menjadi salah satu pabrik tekstil yang mampu memiliki daya saing pasar yang kuat meninggalkan kompetitornya yang masih berkutat di industri yang konvensional.

Pulau Intan Lestari Mampu Bertahan dari Krisis

Kinerja Pulau Intan Lestari juga terbilang baik. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1990, perusahaan ini mampu bertahan saat krisis moneter terjadi pada tahun 1998.

Padahal kala itu, Pulau Intan Lestari tengah fokus pada pengembangan produk namun karena manajemen yang baik hingga peran induk perusahaannya yakni Pulau Intan Group yang tak ingin anak usahanya jatuh berhasil bertahan di saat krisis melanda.

Perlahan kinerja PT PIL mulai membaik, volume penjualan pun terus menunjukkan tren kenaikkan. Kesuksesan di kala krisis hingga berhasil mencatatkan penjualan tekstil yang signifikan membuktikan perusahaan ini memiliki manajemen yang berkualitas.

Baca Juga: 6 Daerah Penghasil Kerajinan Batik yang Penting Diketahui

Produk-produk tekstil Pulau Intan Lestari yang meliputi pemintalan, penenunan hingga finishing termasuk menjadi sebuah produk garmen adalah yang berkualitas di setiap lininya.

Karenanya, tak heran jika industri-industri garmen ternama mulai melirik PT PIL untuk diajak bekerjasama karena hasil produksi yang bersaing dengan harga yang kompentitif pula.

Jutaan bal kapasitas produksi PT PIL tiap tahunnya memang telah berhasil mensejajarkan Pulau Intan Lestari dengan pabrik-pabrik tekstil yang sudah lebih dulu ada.

Meski terbilang baru, rekor penjualan, pengembangan pasar hingga kualitas produk yang dihasilkan PT PIL bisa bersaing dengan industri garmen manapun.

Beberapa negara besar dunia seperti Amerika dan negara-negara Eropa adalah pasar ekspor dari produk Pulau Intan Lestari bahkan hingga saat ini.

Karenanya, sebagai industri tekstil kebanggaan Indonesia, Pulau Intan Lestari berkomitmen untuk terus memberikan devisa negara yang besar.

Related Articles

Back to top button