Pulau Lae-lae, Pulau Cantik di Kota Makassar

Baaca.id – Pulau Lae-Lae adalah salah satu pulau di Makassar yang menjadi tempat wisata favorit. Pulau Lae-Lae termasuk ke dalam lingkungan Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Yang mempunyai  luas 0,04 km² dan dihuni oleh 420 keluarga atau sekitar 1780 jiwa.

Dilasir dari beberapa sumber, Pulau ini termasuk ke dalam gugusan pulau-pulau yang berada di wilayah pulau kota Makassar. Pulau ini sebenarnya tidak jauh dari pesisir Pantai Losari, bahkan bisa dikatakan jaraknya sangat dekat dengan bibir kota, sehingga pemandangan dari beberapa titik di Pulau Lae-lae ini terlihat hiruk pikuk kota Makassar dengan kasat mata.

Jika kamu sedang berada di area Pantai Losari, ketika kamu memandang ke seberang, kamu sudah bisa melihat pulau ini.

Lokasi Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae merupakan salah satu dari banyaknya pulau cantik yang dimiliki oleh kota Makassar. Pulau Lae-Lae ini termasuk salah satu pulau yang berpenghuni dan mempunyai pemandangan bahari yang menakjubkan.

Pulau Lae-Lae mempunyai jarak yang tidak terlampau jauh apabila ditempuh dari pesisir Makassar. Sekitar 1,5 km jarak yang ditempuh dengan waktu sekitar 10-15 menit dengan memakai perahu motor. Pulau ini mempunyai luas yang tidak terlalu lebar yaitu sekitar 6,5 Ha.

Secara Administrasi pulau ini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Lae-Lae, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. Akan tetapi kamu akan menemukan bunker peninggalan tentara Jepang dan juga sumur yang dibangun oleh Belanda.

Baca Juga:

Biaya ke Pulau Lae-Lae

Untuk ke Pulau Lae-Lae, kamu bisa berangkat dari dermaga Fort Rotterdam atau dari dermaga kayu Bangkoa. Biaya untuk satu kali penyeberangan ini mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 30.000. Apabila kamu rombongan sebaiknya kamu menyewa satu perahu, supaya lebih mudah untuk menjangkaunya.

Sebelumnya juga kamu bisa membuat janji terlebih dahulu dengan pemilik kapal, supaya bisa menjemput pada saat kamu tiba di dermaga. Para wisatawan tidak akan ditarik biaya tiket masuk untuk berkunjung ke Pulau Lae-Lae, sehingga mereka hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa perahu penyeberangan saja.

Fasilitas di Pulau Lae-Lae

Walaupun gratis, pulau ini sudah menawarkan fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjung, dimana telah banyak tersedia bilik toilet dan kamar bilas yang cukup bersih, dan juga tempat sampah telah disediakan.

Fasilitas yang ada di Pulau Lae-Lae ini cukup lengkap. Jika kamu ingin menikmati keindahan pulau ini lebih lama, kamu bisa menginap di penginapan yang tersedia. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Pondok penginapan ini lebih dikenal dengan bale bale oleh masyarakat setempat. Harga yang ditawarkan untuk bale bale mulai dari Rp. 50.000 – Rp 150.000 saja.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal perut karena di pulau Lae-Lae tersedia tempat makan yang lumayan banyak. Mengingat pulau ini berpenghuni, kamu tidak perlu khawatir apabila tidak menemukan fasilitas yang dibutuhkan. Mulai dari toilet sampai fasilitas untuk beribadah ada di Pulau yang tidak jauh dari kota Makassar.

Pesona Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae merupakan pulau mungil dengan memiliki penduduk sekitar 1700 jiwa dan mempunyai pesisir yang berselimutkan pasir putih bersih yang lembut. Di tepi pesisirnya ada pohon-pohon yang tumbuh berjajar, hal tersebut menambah kesan eksotisme Pulau Lae-Lae.

Lokasinya yang berada di Selat Makassar ini, membuat perairan di sekitar pulaunya juga cukup tenang apalagi dengan ombak yang sangat bersahabat, ditambah lagi dengan air laut yang jernih berwarna kebiruan.  Kondisi itu lah, yang membuat Pulau Lae-Lae sebagai salah satu tempat terbaik untuk melarikan diri dari rasa penat yang kamu rasakan.

Terowongan Bersejarah di Pulau Lae-Lae

Di Pulau Lae-Lae ini ada peninggalan bersejarah, yaitu sebuah terowongan yang konon katanya tembus sampai ke Benteng Rotterdam. Benteng tersebut masih berada di Kota Makassar.

Namun, terowongan tersebut tidak lagi terawat dan dibiarkan terbengkalai begitu saja, bahkan lubang terowongan tersebut sudah buntu karena sudah tertutup oleh timbunan tanah. Padahal jika dirawat terowongan ini bisa menjadi tempat wisata favorit bagi para pengunjung Pulau Lae-Lae.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button