Pulau Lanjukang, Pulau Tersembunyi di Sulawesi Selatan

Baaca.id — Kawasan Indonesia Timur sangat terkenal akan keindahan pantainya, tidak terkecuali dengan Kota Makassar. Kota yang memiliki julukan Kota Anging Mamiri ini memiliki banyak potensi wisata bahari yang sangat indah, salah satunya Pulau Lanjukang.

Pulau ini memiliki luas area sekitar 6 hektar saja, termasuk pulau yang kecil. Pulau Lanjukang juga masih termasuk bagian dari gugusan Pulau Spermonde. Letak pulau ini juga berada di lokasi terpencil yang tidak banyak dijamah oleh manusia.

Meskipun begitu, pesona keindahan yang sangat menggoda tak boleh dipandang sebelah mata. Para pecinta wisata bahari pastinya akan merasakan puas, bahkan sejak melihat Pulau Lanjukang tersebut dari kejauhan.

Karena letaknya berada paling luar kepulauan sehingga membuat Pulau Lanjukang menjadi tempat peristirahatan sementara bagi para nelayan dari Makassar sebelum meneruskan perjalanan mencari ikan.

Pulau Lanjukang berjarak kurang lebih 40 km dari kota Makassar, perjalanan menuju pulau memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan menggunakan kapal kayu yang biasa ditemui di Pelabuhan Paotere.

Jumlah penduduk yang berada di Pulau Lanjukang sekitar 15 kepala keluarga dan kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Hasil dari tangkapan ikan sangat jarang dijual di Makassar, mengingat biaya angkut cukup besar.

Namun fasilitas yang tersedia masih kurang memadai terutama pada listrik dan air yang masih terbatas. Disini juga ada sebuah musala kecil yang sering digunakan untuk ibadah masyarakat sekitar.

Sepanjang mata memandang, Pulau ini menawarkan keindahan berupa pasir putih dan air laut yang berwarna biru toska. Pohon kelapa yang berada di pinggir pantai membuat keindahan pantai semakin mempesona.

Mengenal Pulau Cantik Nan Menawan

Keindahan alamnya masih terjaga, menjadikan Pulau Lanjukang sebagai objek wisata yang tak boleh ketinggalan untuk dijelajahi. Untuk para pecinta alam, sepertinya akan sangat puas jika bisa menikmati pesona yang begitu memukau ini.

Dikelilingi oleh pasir berwarna putih nan lembut yang ditambah dengan perairan yang begitu tenang menambah rasa takjub atas ciptaan yang Maha Kuasa. Tak perlu khawatir saat ingin bermain disekitaran pantai, perairannya termasuk dangkal.

Dari jajaran Kepulauan Spermonde, pulau ini sangat populer dengan sebutan sebagai pemilik pantai terindah dengan nama yang disandangnya, sehingga semakin membuat masyarakat penasaran dengan pesona keindahan Pulau Lanjukang.

Baca Juga:

Pulau Lanjukang sangat cocok untuk aktivitas snorkeling, ditambah lagi dengan tingkat populer snorkeling yang semakin meningkat yang menjadikan salah satu aktivitas yang menyenangkan dan dapat dilakukan di pulau indah tersebut.

Didukung dengan adanya pemandangan underwater yang mencengangkan, membuat pengunjung dapat melihat berbagai terumbu karang beserta ikan-ikan kecil yang sedang berenang dengan riang.

Untuk pengunjung yang tak bisa berenang maupun menyelam disarankan untuk tak mencoba daerah pesisir pantai sebelah timur Pulau Lanjukang. Sebab, kedalaman yang dimiliki mencapai 4 sampai 5 meter jika dibandingkan dengan pesisir sebelah barat.

Hal Unik dari Pulau Lanjukang

Luas lahan yang tak begitu seberapa membuat pulau ini hanya dihuni oleh 15 kepala keluarga saja. pulau ini memiliki jumlah total penduduk tak lebih dari 50 orang saja. Profesi penduduk di Pulau Lanjukang sebagian besar menjadi nelayan.

Jumlah penduduk yang tak begitu seberapa padat, membuat masyarakat sekitar menyambut para pendatang dengan senang hati. Keramahan yang diberikan, para tamu pun merasakan kenyamanan selama berlibur di pulau tersebut.

Namun sangat disayangkan, pulau ini tak difasilitasi pendidikan sedikitpun. Tak bisa menimba ilmu seperti anak anak pada umumnya, bahkan mereka dominan memilih tak bersekolah. Kurangnya minat mereka untuk bersekolah.

Memiliki ciri unik pada fisiknya, para penduduk di Pulau Lanjukang memiliki badan kerdil dengan punggung yang lebih cenderung membungkuk dan rambut jarang. Bukan tanpa alasan jika kondisi tersebut dipengaruhi oleh kondisi fisik yang masuk di bawah rata rata.

Penurunan kondisi tersebut diakibatkan dengan adanya pernikahan antar saudara kandung sendiri yang dilakukan oleh nenek moyangnya terdahulu.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Lanjukang

Keindahan alam yang dimiliki Pulau Lanjukang tak terbantahkan, namun pengunjung diharuskan mandiri saat ingin berlibur ke pulau tersebut. sebab pengunjung tak akan menemukan tempat sewa yang menyediakan segala alat dan kebutuhan saat liburan.

Maka diimbau untuk pengunjung mempersiapkan segala kebutuhan sebelum berangkat menuju pulau cantik tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button