Pulau Samalona, Destinasi Wisata Eksotis yang Wajib Dikunjungi

Baaca.id – Makassar termasuk salah satu kota yang wajib untuk dikunjungi untuk berwisata. Terdapat banyak tempat-tempat wisata alam maupun sejarah yang dapat memanjakan mata kalian untuk berlibur. Salah satunya yaitu pulau Samalona.

Pulau samalona merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni, Pulau ini berada di Selat Makassar, dan termasuk ke dalam wilayah kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pulau Samalona yaitu bagian dari kepulauan Spermonde di Kecamatan Wajo. Jarak yang ditempuh dari kota Makassar ke pulau ini sekitar 7 km.

Pulau Samalona kini menjadi lebih cantik dan lebih nyaman untuk pengunjung. Pulau Samalona mempunyai bentuk yang terus berubah-ubah, hal ini dikarenakan abrasi air laut itu.

Pada saat kamu mengunjungi tempat ini, selain akan membuat Anda terpesona juga suasananya akan membuat kamu nyaman dan tenang. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk refleksi diri.

Baca Juga:

Akses Menuju Pulau Samalona

Bagi wisatawan dari luar kota Makassar, akses menuju Pulau Samalona bisa dengan memakai pesawat dari Bandara Sultan Hasanuddin. Selanjutnya kamu bisa menuju pusat Kota Makassar dengan kendaraan umum seperti bus Damri.

Dari pusat kota, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Benteng Fort Roterrdam baik dengan menyewa kendaraan atau dengan menaiki transfortasi umum. Dari benteng, kamu selanjutnya  bisa memilih dua jalur penyebrangan yaitu antara Dermaga Popsa dengan Dermaga Kayu Bangkoa.

Lalu lintas dermaga di tempat ini terbilang sangat sibuk karena tidak hanya melayani kunjungan ke pulau saja, namun lalu lintas warga sekitar dan juga para pedagang. Dilansir dari berbagai sumber, biasanya para wisatawan menggunakan kapal kecil untuk menyeberangi laut selama 15-20 menit.

Selain itu, pengunjung juga bisa memilih jenis penyewaan perahu secara umum ataupun pribadi pada saat akan mengunjungi Pantai Samalona.  Jika menyewa dengan cara umum, pengunjung harus mau ikut bergabung dengan pengunjung lainnya dengan jadwal keberangkatan yang sudah ditetapkan.

Beda lagi dengan penyewaan pribadi. Walaupun lebih mahal, jadwal keberangkatan menuju Pulau Samalona ini tergantung dari si penyewanya.

Harga untuk sewa perahunya yaitu sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000 dengan kapasitas mencapai 10 orang. Akan tetapi untuk harga tersebut mungkin bisa berubah jika kamu menawar dengan pemilik perahu.

Pulau Samalona, Pulau yang Tidak Berpenghuni

Pulau ini dahulunya diceritakan oleh masyarakat sebagai pulau yang masih perawan. Namun, pulau yang mempunyai luas sekitar 2 hektar, dan kini sudah ramai dan tidak sepi seperti dahulu.

Karena banyak kunjungan wisatawan, akhirnya warga sekitar juga memanfaatkannya untuk mencari nafkah dengan membuka sebuah warung-warung kecil untuk keperluan para wisatawan. Jika kamu sudah sampai dilokasi, kamu akan melihat papan-papan nama pemilik pulau, yaitu mereka yang pertama kali tinggal di pulau ini.

Tiket gratis dan Fasilitas Pulau Samalona

Pulau Samalona menawarkan keindahan pasir putihnya yang lembut serta air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya, para pengunjung bisa melihat terumbu karang di sepanjang perjalanan dari atas perahu.

Keindahan pemandangan Pulau Samalona sangat sejuk karena terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh di daratan pulau ini. Pulau ini terkenal dengan banyaknya batik oral yang dapat kamu jadikan spot foto yang instagramable.

Kamu juga bisa mengambl berbagai macam foto dengan ragam ikan yang ada pada saat menyelam.

Di tempat ini, para pengunjung bisa menkmati beragam fasilitas seperti berenang di pantai, snorkeling, jetski, sampai diving. Jika kamu ingin menyelam, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 100.000 untuk penyewaan alat snorkeling.

Pulau Samalona juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti penginapan, ruang bilas, sampai warung-warung makan. Harga penginapan yang diberikan pun masih terjangkau, mulai dari Rp 250.000 – Rp 500.000 per hari. Menu makanan yang disajikan di tempat ini kebanyakannya dari bahan dasar ikan, kepiting, dan kerang yang dibakar.

Untuk tiket masuk pulau Samalona, ternyata para pengunjung ke pulau ini tidak harus membayar tiket masuk khusus. kamu cukup menyewa perahu untuk menyebrang ke pulau ini dan bisa bebas menghabiskan waktu disini.

Namun, pada saat akan mengunjungi tempat ini ada baiknya waspada terhadap calo-calo Ketika kamu sedang proses tawar-menawar saat menyebrang. Jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk dan datanglah pada saat musim panas supaya lebih puas untuk menikmati sunset terbaik di Pulau Samalona ini.

Dengan Sejumlah penawaran menarik dari Pulau Samalona, tidak ada salahnya pada saat kamu mempunyai waktu luang untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Keindahan alam dan fasilitas didalamnya juga dijamin akan memanjakan mata dan membuat kamu puas.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button