Rakerda SMSI Sulsel Siap Digelar Hari Ini

Baaca.id, MAKASSAR — Hari ini, Jumat (26/03/2021), SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Sulsel menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan pemberian penghargaan ke sejumlah tokoh di Sulsel.

Kegiatan ini digelar di Hotel Claro, Jln. A. P. Pettarani No. 03, Kota Makassar. Selain Rakerda dan pemberian penghargaan, SMSI Sulsel juga menggelar dialog yang bertema “Membangun Optimisme Indonesia dari Daerah”.

Beberapa pejabat penting dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini. Di antaranya; Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebagai pembuka acara, mantan Menteri Pertanian dan pengusaha asal Sulsel Andi Amran Sulaiman sebagai keynote speaker hingga Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto.

SMSI, menurut Rasyid, merupakan organisasi perusahaan pers yang berkaitan erat dengan masyarakat serta pemangku kepentingan sebagai mitra untuk membangun bangsa dari daerah.

“Kita berharap dialog ini akan memberikan semangat dan optimisme melalui daerah membangun negeri. Sosok Pak Amran menjadi salah satu bagian representasi tokoh di Sulsel yang memiliki komitmen besar membangun bangsa ini menjadi lebih kuat,” kata pria yang akrab disapa Achi ini.

Rasyid juga menyebutkan bahwa orang-orang yang mendukung dan peduli terhadap pekerjaan pers sebagai penyumbang dalam membangun daerah, layak untuk mendapatkan penghargaan.

“Menurut penilaian objektif kami di SMSI penerima penghargaan dianggap peduli dan mendukung kerja kerja profesional pers sebagai upaya berkontribusi untuk daerah,” lanjut Achi.

Rasyid yang sekaligus Pemimpin Redaksi Fajar.co.id menambahkan, undangan telah disebar, ke organisasi pers lainnya seperti, PWI, AJI, IJTI, PFI, AMSI dan lain-lain.

Sabri, selaku Kordinator Steering Committe, mengatakan SMSI akan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang dianggap peduli dan mendukung kerja-kerja pers. “SMSI Award 2021 kita akan memberikan kepada kepala daerah yang peduli dengan media dan pers yang dirangkaikan dialog dialog optimisme daerah membangun negeri,” kata Sabri.

“Kegiatan kami akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dengan menyediakan rapid antigen untuk setiap undangan yang hadir,” pungkasnya.

SMSI adalah organisasi media siber atau online dan telah menjadi bagian penting di Dewan Pers. Sebanyak 32 media saat ini telah bergabung ke dalam SMSI Sulsel.

SMSI mengusahakan perusahaan media di Sulsel untuk menjadi perusahaan profesional dan terdaftar sebagai media yang terverifikasi.

Banyak tokoh-tokoh penting yang dijadwalkan hadir di acara ini, beberapa di antaranya; Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Bupati Soppeng Kaswadi Razak, Bupati Luwu Basmin Mattayang, dan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman hingga Stafsus Wapres RI Sukriansyah S Latief.

Sejarah Singkat SMSI

Serikat Media Siber Indonesia atau SMSI, dibentuk di Banten 4 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 7 Maret 2017.

SMSI diprakarsai oleh Firdaus, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum SMSI Pusat dan Atal S. Depari yang saat ini menjabat Ketua PWI Pusat.

Organisasi perusahaan pers terbesar di Indonesia ini sudah 3 kali mengalami pergantian ketua umum sejak pertama kali dibentuk. Kongres Pertama SMSI digelar secara resmi pada Desember 2019.

Pada masa-masa awal SMSI, sistem pemilihan ketua umum dilakukan secara sistem penunjukkan oleh para dewan pendiri secara bergiliran.

Teguh Sentosa menjadi ketua umum pada tahun pertama SMSI, lalu tahun kedua SMSI giliran Auri Jaya ditunjuk menjadi ketua umum selanjutnya.

Akhirnya, Kongres pertama yang digelar secara demokratis di Jakarta memilih Firdaus sebagai Ketua Umum SMSI Pusat periode 2019-2024.

SMSI memiliki anggota organisasi lengkap di 34 provinsi dan hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia, SMSI saat ini telah menjadi anggota konstituen Dewan Pers.

SMSI telah mendapatkan Surat Keputusan Dewan Pers tentang hasil verifikasi yang dinilai memenuhi ketentuan Standar Organisasi Perusahaan Pers.

Related Articles

Back to top button