Saksi di KPK, Plt Gubernur : Hormati Proses Hukum

Baaca.id, JAKARTA – Komisi Pemberantasa Korupsi kembali memeriksa empat saksi dalam kasus tindak pidana korupsi, Suap dan Gratifikasi, pengadaan barang dan jasa lingkup Pemprov Sulsel tahun anggaran 2020/2021

Salah satu yang dipanggil adalah, Pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Ia memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi, di Gedung KPK di Jakarta, Rabu, (2/6)

Sebelumnya pada 23 Maret 2021 lalu, Plt Gubernur Sulsel juga dipanggil sebagai saksi oleh penyidik KPK.

“Iya, hari ini saya datang dipanggil sebagai saksi di KPK. Sama seperti yang pertama, kali ini permintaan keterangan tambahan,” kata Andi Sudirman.

Ia tak bisa merinci terkait perihal apa saja yang dipertanyakan oleh KPK. Menurutnya hal ini menjadi kewenangan KPK untuk menjelaskan.

Andi Sudirman mendukung dan menghormati langkah proses hukum ini. Andi Sudirman juga mengaku sempat ditanya terkait proyek yang dihentikan

“Saya juga ditanya terkait proyek yang saya hentikan karena tidak ada DPA dalam APBD Pokok. Saya jelaskan bahwa itu sudah sesuai. Selebihnya itu kewenangan penyidik KPK untuk menjelaskan. Kita menghormati proses ini,” tuturnya.

Proyek tersebut, yakni Empat proyek itu, pertama, Jalan Burung-burung – Benteng Gajah – Carangki – Bantimurung sepanjang 2,5 km dengan anggaran Rp 11, 4 miliar, PT Yabes Sarana Mandiri.

Kedua, pengerjaan Jalan Solo – Paneki di Sengkang. Anggarannya Rp 22,9 miliar.

Ketiga, proyek jalan di Kawasan CPI dengan anggaran Rp 26,8 miliar. Dimenangkan PT Tiga Bintang Groyasatana.

Dan keempat, pedestrian di Kawasan CPI senilai Rp 1,4 miliar. Proyek ini dikerjakan Sumber Reski Abadi.

Diketahui, KPK menetapkan tiga tersangka pada operasi tangkap (OTT) kasus dugaan suap proyek infrastruktur di Pemprov Sulsel. Ketiganya yakni Gubernur Sulsel Nonaktif, Nurdin Abdullah, Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Edy Rahmat, dan seorang kontraktor Agung Sucipto. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button