Salut! Jual Kambing, Janda Cantik Ini Dapat Untung Ratusan Ribu Per Hari

Baaca.id, PATI — Salut dengan apa yang dilakukan Fitriana Ika Kusumawati (25). Warga Desa Penanggungan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini berjualan kambing dan mendapat untung ratusan ribu rupiah per hari.

Wanita yang biasa disapa Nana ini tidak canggung saat memegang dan menggendong kambing. Meski Nana terkena kotoran dan mencium bau khas kambing, ia tetap mengangkat dan memasukannya ke dalam keranjang yang ada di atas jok sepeda motor.

Selain bergaul dengan kambing, wanita ini juga tidak canggung dengan konsumen yang rata-rata pria. Dengan ramah dan sambil membersihkan kandang kambing, Nana melayani setiap pembeli yang datang.

Nana merupakan orang tua tunggal (janda). Dia telah melakoni usaha penjualan kambing selama dua tahun. Dia sangat serius dalam menjalani usahanya ini. Selain menjual secara langsung di lapak, ia juga menjual kambing secara daring.

Nana mengaku belajar otodidak cara memelihara dan berjualan kambing. Namun berkat kegigihannya, wanita 25 tahun ini bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan ribu rupiah setiap harinya.

“Perawatan kambing, mulai dari mencari rumput di kebun untuk pakan ternak, membersihkan kandang, memandikan kambing, hingga proses penjualan kambing saya kerjakan sendiri,” kata Nana, dikutip dari tvOnenews.com.

Prinsip Nana, semua usaha harus dijalani dan tidak bergantung dengan orang lain.

” Aku enggak malu mas jualan kambing, karena hasilnya lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang penting halal dan tidak menyusahkan orang lain,” ujarnya.

Muid, salah satu pembeli kambing mengaku kagum dengan kegigihan Nana. Menurutnya, saat ini jarang ditemukan wanita berparas cantik yang mau berjualan kambing.

“Saya salut sama mbak’e yang cari nafkah di perkambingan (jual beli kambing) yang identik dengan bau prengus. Untuk seumuran mbak Nana yang mau jualan kambing, uniklah. Salut saya. Masalahnya mayoritas penjual kambing kan laki-laki,” tutur Muid.

Selama dua tahun, Nana menekuni jual-beli kambing. Usahanya terus mengalami perkembangan. Nana kini memiliki sekitar 20 kambing yang ada di kandangnya.

Sistem pemasaran yang Nana lakukan yakni melalui media sosial dan dari mulut ke telinga. Dengan harga jual kisaran Rp1,5 hingga Rp2,5 juta. Setiap hari, Nana bisa menjual minimal lima ekor kambing. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button