Sandi Puji Grup Accor: Kampanyekan Batik, Bangkitkan Ekraf

Baaca.id, MAKASSAR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memuji Grup Accor yang turut mengampanyekan batik Nusantara. Sandi menyebut kolaborasi ini mendorong optimisme pasar ekraf.

“Banyak daerah di Indonesia yang memiliki wastra khasnya, dan salah satunya adalah batik. Kami mengapresiasi Grup Accor yang menggagas acara ini dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sebagai kelanjutan kolaborasi sejak tahun 2012,” ujar Sandi pada acara peluncuran “Batik Nusantara Celebration dari ALL – Accor Live Limitless Bersama Pelaku Ekonomi Kreatif”, Ahad (10/10/2021).

Acara dikemas secara hybrid dan berlangsung di The Phoenix Hotel Yogyakarta – MGallery Collection, Yogyakarta.

Menurut Sandi, dukungan promosi batik sebagai warisan budaya kian besar. Hal ini membangkitkan optimisme pelaku ekraf untuk segera pulih di masa pandemi.

“Kita tingkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan prinsip 3G (Gercep – Gerak Cepat, Geber – Gerak Bersama, dan Gaspol – Garap Semua Potensi) agar kita yang di Indonesia ini juga mendorong gerakan #DiIndonesiaAja dan #BeiiKreatifLokal. Bangkit usaha cilik, menang melawan covid, together we can!” sebutnya.

Kampanye ini juga mengajak tamu untuk selain menginap, menikmati pengalaman lokal ikonik yang luar biasa melalui empat pilar. Kuliner, seni dan budaya, kebugaran dan kesehatan, dan destinasi, melalui kemitraan dengan ratusan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Selain itu, salah satu brand premium Accor yaitu MGallery melalui 4 hotel yang berpartisipasi menghadirkan pengalaman ikonik batik “Inspired by Her” yang menginspirasi para perempuan.

Program-program ini mendorong gerakan #BanggaBuatanIndonesia #BeliKreatifLokal #BanggaBerwisataDiIndonesia dan #DiIndonesiaAja.

Garth Simmons, CEO of Accor Southeast Asia, Japan and South Korea menyampaikan, pihaknyaa merayakan Hari Batik Nasional untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik. Dan ini diwujudkan melalui penawaran kreatif lebih dari sekadar menginap di lebih dari 130 hotel di seluruh Indonesia.

“Kami sudah kemas dalam program yang berlangsung sepanjang tahun, Rediscover Indonesia by ALL. Dukungan kami berikan bagi para mitra pelaku ekonomi kreatif, dan kami ingin menginspirasi kejayaan Indonesia melalui batik,” ucapnya.

Dalam acara ini diisi dengan tari Gebyar Batik dari PLT Bagong Kussudiardja, peragaan busana batik oleh enam designer perempuan (Darie Gunawan, Endarwari, Janna, Caroline Rika, Soppemirremarata, Rumah Produksi Junk Q) serta pameran produk batik dari perwakilan 16 pelaku ekonomi kreatif.

Selain itu, dalam acara, perwakilan hotel-hotel Accor yang ada di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua melalui vidcon menampilkan cerita batik dan penawaran pengalaman batik di daerah masing-masing bersama mitra ekonomi kreatif.

Hotel-hotel ini adalah;

1. Amarterra Villas Bali Nusa Dua – MGallery ; menampilkan masker bermotif Batik Pisan Bali serta menyediakan kelas membatik di hotel yang bermitra dengan seniman lokal.

2. Mercure Bengkulu; bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kota Bengkulu, Duta Wisata Bengkulu, serta mitra ekraf dalam mempromosikan Kain Besurek.

3. Mercure & ibis Samarinda; mempromosikan salah satu batik, yaitu Batik Dayak, asal Kalimantan Timur.

4. Novotel Manado Golf Resort & Convention Center; bekerja sama dengan UMKM Krisma Kain Bentenan menyediakan selendang Bentenan yang unik untuk menyambut tamu VIP kami dan pejabat pemerintah.

5. Mercure Jayapura; mempromosikan batik dengan motif khas Papua bekerja sama dengan Jimmy Affar yang menaungi industri batik Papua.

6. Grand Mercure Surabaya City; bekerja sama dengan Etnura, pelaku ekraf batik binaan Dekranasda Jawa Timur yang menampilkan ragam batik Jawa Timur diantaranya batik dari Banyuwangi, Probolinggo, Lamongan, dan lainnya yang diperagakan oleh Puteri Indonesia Jawa Timur 2022, para Runner-Up dan Top 5 dari pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur 2022, bekerja sama dengan Ikatan Alumni Puteri Indonesia Jawa Timur.

7. Grand Mercure Malang Mirama; hotel yang baru saja diperkenalkan oleh Accor sebagai hotel premium Accor pertama di Malang ini menampilkan berbagai karya seni artis lokal dan produk pelaku ekonomi kreatif termasuk batik khas Malang di hotel.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button