Satpol PP Makassar Tertibkan Lapak Pedagang, Kasatpol: Kami Sudah Edukasi Makanya Kosong

Baaca.id, MAKASSAR – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar telah melakukan penertiban terhadap lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di Median Jalan Pengayoman, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar, Rabu (21/4/2021).

Saat penertiban dilakukan, kondisi lapak sudah kosong. Tak ada perlawanan yang dilakukan si empunya lapak jualan.

“Pada saat penertiban tadi kosong barang jualannya, mungkin tadi malam dia sudah pindahkan, setelah diberikan surat teguran,” ujar Kasatpol PP, Iman Hud.

Iman Hud mengatakan, pihaknya sudah melakukan penindakan secara persuasif. Makanya, pembongakaran lapak jualan pedagang di median jalan tersebut, tak mendapat respons negatif dari pemilik dagang.

“Mereka hanya berjualan untuk bertahan hidup. Jadi kami hanya persuasif, mereka ini masyarakat kecil, mereka juga kurang tahu aturannya, makanya kami edukasi dulu,” sebutnya.

“Tadi juga pedagangnya sudah bilang setelah diberi tahu, kalau mereka yang akan bongkar sendiri. Karena kami ini ingin menertibkan, jadi harus pakai cara humanis,” tambahnya.
Menurut Iman, Pedagang tersebut tidak terlalu mengerti peraturan. Sehingga pihaknya melakukan edukasi terhadap pedagang tersebut.

Iman juga menambahkan, dalam penegakan Perda dan Perwali tetap harus humanis, persuasif dan terukur dalam menindaki para pedagang yang melanggar aturan kota.

“Kalau kita bongkar paksa juga, dia mau dipindahkan kemana? Padahal dia ini jualan hanya untuk bertahan hidup, jangan karena kita kuat lalu kita bertindak seenaknya, tidak boleh itu, harus sesuai aturan,” pungkasnya. (Efrat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button