Satu SSK Personel Batalyon C Pelopor Dilepas ke Papua

Baaca.id, BONE – Sedikitnya, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Batalyon C Pelopor dilepas ke Papua. Ini untuk perbantuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua.

Pelepasan ditandai dengan apel di Lapangan Mako Batalyon C Pelopor, Minggu (14/3/2021). Apel dipimpin langsung Dandim 1407 Bone, Letkol Kav. Budiman.

Pada kesempatan itu, Budiman mengaku bangga dapat hadir untuk melepas rekan-rekan yang akan melaksanakan tugas di Papua. Dia berpesan agar personel yang dikirim ini dapat menanamkan pada diri mereka bahwa tugas ini adalah suatu kepercayaan, kebanggaan dan kehormatan.

Personel Batalyon C Pelopor
Apel Pelepasa

“Artinya, rekan-rekan dianggap terbaik bagi pimpinan. Olehnya itu, laksanakan tugas sebaik mungkin selama di sana,” pesan Budiman.

Dia juga berpesan agar mereka yang dikirim dapat menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan karena saat ini masih situasi pandemi Covid-19. “Jaga budaya kita selaku orang Bugis Bone yang beradat sehingga keberadaan rekan-rekan senantiasa akan terkenang di hati masyarakat Papua,” tambah Budiman.

Sementara itu, Komandan Batalyon C Pelopor, Kompol Nur Ichsan yang memimpin langsung pasukan ke Papua mengatakan, pasukan yang diberangkatkan dari Bone ini akan bergabung dengan pasukan dari Batalyon B Parepare dan Detasemen Gegana.

“Mereka akan bergabung di Makassar sehingga personel yang akan berangkat ke Papua sebanyak 2 SSK, dan sebelum berangkat tugas, akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan serta swab terlebih dahulu,” ujar Nur Ichsan.

Nur Ichsan juga mengatakan, dalam implementasi Bhakti Brimob untuk masyarakat, Brimob harus senantiasa siap ditugaskan di manapun dan kapan pun sesuai slogan Brimob Nusantara. “Jadi, lingkup penugasan Batalyon C Pelopor tidak hanya di wilayah Sulawesi Selatan, namun mencakup seluruh wilayah NKRI,” tutur Nur Ichsan.

Dalam apel ini turut hadir Kapolres Bone, AKBP Try Handako Wijaya Putra; Ketua Pengadilan Negeri Watampone, Moehammad Pandji Santoso; Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan; Sekretaris Daerah Bone, Andi Islamuddin; Wadanyon C Pelopor, AKP Andi Muh.Syafe’i; serta Danki dan Pasi jajaran Batalyon C Pelopor.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis mengatakan, pasukan yang diberangkatkan ini sudah diseleksi di satuan masing-masing sehingga betul-betul siap ditugaskan termasuk di wilayah Papua.

“Terkait lamanya penugasan tergantung situasi di sana dan perintah pimpinan. Namun anggota senantiasa siap bertugas sebagai wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat,” tutup Muh Anis. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button