Sayang Istri, Pria Tua Bangun Rumah Berputar

Baaca.id, BOSNIA — Seorang warga Bosnia, Vojin Kusic (72) membangun sebuah rumah berputar. Ini dilakukan untuk menyenangkan hati istrinya.

Dengan rumah berputar itu, istrinya dapat melihat matahari terbit di satu saat dan dapat juga melihat orang-orang yang lewat di saat lainnya.

Vojin Kusic mengatakan, dirinya lelah menghadapi keluhan istrinya. Dia juga capek memperbaharui rumah.

“Lalu saya bilang: akan saya bangunkan kamu rumah berputar. Jadi kamu bisa memutarnya sesuka hatimu,” ungkap Vojin Kusic kepada Reuters, sambil berdiri di depan rumah barunya yang menarik perhatian banyak orang.

Rumah Vojin Kusic dibangun di atas dataran yang subur di Bosnia Utara, dekat kota Srbac. Rumah tersebut berputar di atas sebuah sumbu 7 meter yang didesain Kusic, dengan pemandangan ladang jagung dan lahan pertanian yang berubah ke arah hutan dan sungai, dengan kecepatan yang diinginkan.

“Rumah ini bisa berputar penuh selama 24 jam ketika dipasang pada kecepatan paling rendah, dan pada kecepatan putar paling cepat bisa berputar penuh dalam 22 detik,” kata Vojin Kusic.

Vojin Kusic mengaku dirinya terinspirasi oleh penemu berdarah Serbia-Amerika, Nikola Tesla dan Mihajlo Pupin, dan bahwa berasal dari keluarga miskin tanpa kemungkinan mendapatkan pendudukan yang baik telah memaksanya untuk mencari cara guna membuat sendiri segala sesuatu.

“Ini bukanlah suatu inovasi, ini hanya membutuhkan kemauan dan pengetahuan, dan saya punya cukup waktu serta pengetahuan,” katanya, sambil menambahkan bahwa ia benar-benar membangun seluruh rumah tersebut sendiri.

Proyek ini memakan waktu enam tahun untuk diselesaikan. Waktu itu tidak termasuk dengan waktu saat ia harus dirawat inap karena masalah jantung. Rumah tersebut lebih tahan terhadap kerusakan gempa bumi dibandingkan rumah biasa, katanya.

“Saya minta dokter untuk mencoba memperpanjang (usia saya) setidaknya sampai satu tahun karena saya sedang mengerjakan proyek ini di kepala saya, dan tidak seorang pun tahu bagaimana menyelesaikannya,” tutur Vojin Kusic. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button