Sebulan Pasca Gempa, Kasus Covid-19 Meningkat Dua Kali Lipat

Baaca.id, MAMUJU – Sebulan pasca gempa, jumlah kasus positif Covid-19 di Sulawesi Barat mengalami peningkatan dua kali lipat.

Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, jumlah kasus positif Covid-19 per 16 Januari mencapai 2.020. Sebulan kemudian, atau  per 19 Februari, jumlahnya sudah mencapai 5.042 kasus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, dr. Didi Asran mengatakan, peningkatan angka positif Covid-19 tersebut diakibatkan sulitnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di situsi bencana, terutama di tengah pengunsian.

“Adanya pengungsian dan menggejalanya masyarakat yang kurang disiplin lagi pasca gempa membuka ruang bagi meningkatnya orang yang positif corona. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh masyarakat Sulbar agar kembali peduli dan waspada dengan risiko tertular covid,” imbaunya.

Dia juga mengatakan, guna menekan angka postif Covid-19, pihaknya akan lebih memaksimalkan para tenaga kesehatan untuk terus memantau dan mengantisipasi perkembangan penyebaran Covid-19 melalui pola testing, tracing alias penelurusuran kontak erat dan treatmen atau tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19.

“Bencana ini memang memberi dampak yang luar biasa. Tetapi kita harus tetap peduli dengan Covid-19. Bahkan seharusnya harus lebih waspada lagi,” tutup dr. Didi. (syarif)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button