Selain Berkualitas, Produk UKM Juga Harus Berlabel Halal

 

Baaca.id, MAKASSAR – Menembus pasar internasional tentu harapan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Untuk itu, kebanyakan mereka lebih fokus pada kualitas produk.

Memang, setiap produk mesti berkualitas. Namun di lain sisi, Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi mengingatkan, perlu juga memiliki label halal.

Imbauan tersebut ia sampaikan saat melakukan peninjauan sekaligus penilaian pada lomba Usaha Kecil dan Menengah (UKM) 2021 tingkat Kota Makassar di Kelurahan Barang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Sabtu (2/10/2021).

Menurut dia, lomba UKM bukan saja hanya untuk mencari siapa pemenangnya, melainkan ingin melihat potensi yang ada di setiap kecamatan, seperti di Sangkarrang ini.

“Kita ingin identifikasi kalau ingin masuk pasar nasional dan menembus pasar internasional harus memiliki produk berkualitas, legalitasnya jelas, komposisinya, dan ada label halalnya, serta bagaiman trik pemasaran melalui media sosial, dan juga memperkerjakan orang banyak” jelas Fatmawati.

Di kecamatan yang berada di Pulau Barang Lompo itu, Fatmawati Rusdi bersama tim penilai juga menyempatkan mengikuti senam pagi bersama ibu ibu PKK kelurahan setempat.

Usai senam, Wawali Fatmawati langsung menuju stand yang memamerkan berbagai hasil UKM yang diproduksi warga secara home industri dari hasil laut.

Dalam sambutannya, Wakil Wali kota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, di tengah pemulihan ekonomi, Kota Makassar telah melewati gelombang ke dua dari pandemi Covid 19 dan telah berada pada PPKM level 2.

“Alhamdulillah, tentunya ini adalah kabar gembira bagi kita semua, utamanya bagi pelaku ekonomi kecil, tapi kalau di pulau ini aktifitasnya tetap normal, karena angka Covid nya rendah,” ucap.

Namun demikian Fatma mengingatkan, warga untuk tidak lengah dan kendor mengutamakan penerapan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitasnya.

“Benteng pertahanan diri kita adalah selalu menjaga protokol kesehatan melawan Covid, serta bersama dalam mensukseskan program vaksinasi,” ujarnya.

Fatmawati menjelaskan kehadirannya ditengah tengah warga masyarakat kecamatan kepulauan sangkarrang untuk kedua kalinya, didampingi tim penilai UKM dari staf ahli walikota, adalah bentuk perhatian pemkot terhadap pembangunan masyarakat pulau.

Camat Kepulauan Sangkarrang Akbar Yusuf sangat apresiasi atas terselenggaranya lomba UKM karena menurutnya, pada saat pandemi usaha kecil dan menengah di pulau juga terkena imbasnya.

“Kita harap dengan adanya lomba UKM ini dapat memberikan masukan, bagi pelaku usaha kecil, serta memberikan kiat- kiat meningkatkan kualitas produk dan cara pemasaran, sehingga UKM, bisa bangkit kembali,” terangnya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button