Seleksi CPNS Kemenkumham Sulsel, 18.000 Peserta Berebut 205 Kuota

Baaca.id, MAKASSAR – Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil Kemenkumham Sulsel dimulai Selasa (28/9/2021). Seleksi diikuti 18.125 peserta.

Tes dilaksankan di aula Universitas Kristen Indonesia Paulus, Jalan Perintis kemerdekaan, Makassar. Tes akan berlangsung hingga 12 Oktober 2021.

Kemenkuham mengonfirmasi, dari 18.125 orang, 16.332 di antaranya kualifikasi SLTA dan 1.793 non-SLTA. Para peserta ini akan memperebutkan 205 kuota.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel Sirajuddin mengingatkan kepada seluruh peserta tahapan seleksi SKD-CPNS Kanwil Sulsel untuk tidak mempercayai calo/Joki ataupun orang-orang yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi CPNS ini. Tes ini menurut dia murni dan objektif.

“Jangan jadi korban penipuan oleh calo,” pesan Sirajuddin.

Kepala Bagian Umum Basir menyampaikan, tahun ini Kanwil Sulsel mendapat jatah 205 formasi untuk kualifikasi pendidikan SLTA sederajat. Rinciannya , 203 orang penjaga tahanan, terdiri dari 199 laki-laki dan 4 perempuan. Serta 2 orang pemeriksa Keimigrasian terdiri dari 1 laki-laki dan 1 perempuan.

Basir mengatakan bahwa pelaksanaan tes SKD menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) dan dibagi menjadi 3 sesi dalam sehari. Khusus hari Jumat menjadi 2 sesi.

“Seluruh informasi persyaratan bagi peserta untuk mengikuti tahapan SKD dan Jadwal lengkap Tes SKD Kemenkumham Sulsel sudah dapat di unduh melalui laman cpns.kemenkumham.go.id,” ujar Basir.

Adapun bagi peserta yang akan mengikuti tahapan SKD wajib memakai pakaian kemeja lengan panjang berwarna putih polos tanpa corak, Celana panjang atau rok berwarna hitam polos tanpa corak (bukan jeans).

Jilbab berwarna hitam polos (bagi yang menggunakan jilbab) dan Sepatu berwana hitam tertutup.

Selanjutnya, peserta WAJIB hadir 90 menit sebelum pelaksanaan SKD dimulai dan membawa Kartu Peserta Ujian Asli, e-KTP asli / Surat Keterangan Perekaman Kependudukan asli; Formulir deklarasi/pernyataan sehat yang telah dicetak melalui laman https://sscasn.bkn.go.id; dan pensil kayu (bukan pensil mekanik).

Peserta juga harus telah melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2 x 24 jam atau Rapid Test Antigen kurun waktu maksimal 1 x 24 jam dengan hasil negative/non reaktif sebelum tanggal pelaksanaan ujian.

Basir menyampaikan bahwa Peserta dan masyarakat dapat turut mengawasi jalannya seleksi CPNS Kemenkumham dengan memberikan laporan pengaduan melalui aplikasi SIAP KUMHAM yang bisa diunduh melalui PlayStore.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button