Tips Memilih Sepeda Lipat Anak Laki-laki

Bacaa.id — Sepeda lipat menjadi tren tersendiri di masa kini, keberadaanya yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana menjadi kelebihan dari sepeda yang akrab disebut sebagai folding bike ini.

Tidak hanya cocok untuk orang dewasa saja, sepeda lipat juga praktis digunakan untuk anak-anak apalagi jika anda memiliki anak laki-laki yang aktif dan membutuhkan sepeda ataupun sepeda lipat.

Untuk menentukan sepeda lipat anak laki-laki, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, harapannya dengan hal-hal ini bisa memudahkan anda untuk menentukan pilihan sepeda lipat yang tepat untuk anak laki-laki anda.

Berikut, beberapa hal yang bisa menjadi parameter dalam memilih sepeda lipat anak laki-laki:

1. Tentukan Ukuran dan Spesifikasinya

Ukuran dan spesifikasi sepeda lipat yang akan dipilih merupakan hal mendasar yang harus anda pahami, sebab ukuran sepeda sangat berpengaruh pada kenyamanannya saat digunakan,apalagi sepeda lipat untuk usia anak anak.

Baca Juga: Tips dan Kelebihan Penukaran Mata Uang Asing di Kantor Pos 

2. Pastikan Berat Sepeda saat Dilipat

Kendati tidak semua sepeda lipat akan dilipat saat tidak digunakan, namun mengetahui berat sepeda lipat saat dilipat sangat diperlukan, agar sebelum anda menentukan pilihan, anda bisa memprediksikan berat sepeda lipat saat dilipat.

Sepeda lipat dengan berat kurang dari 10 kilogram sangat direkomendasikan untuk anda yang memilih sepeda lipat anak laki-laki.

Biasanya kualitas dan harga sepeda lipat juga bisa dilihat dari berat sepeda saat dalam kondisi terlipat, semakin ringan sepeda lipat tersebut maka harga yang dipatok juga semakin tinggi.

Untuk sepeda lipat dengan berat dibawah 10 kilogram biasanya dijual dengan harga minimal 5 juta rupiah, sedangkan sepeda lipat dengan berat hingga 15 kilogram biasanya dijual dengan harga 3 juta rupiah.

3. Pastikan Ukuran Sepeda saat Dilipat

Ukuran sepeda saat dilipat harus menjadi parameter lain yang diperhatikan sebelum memilih jenis sepeda lipat anak laki-laki, pilih ukuran sepeda saat dilipat sesuai dengan keinginan yang anda butuhkan.

Misal ketika sepeda tersebut akan dimanfaatkan untuk bepergian, maka pastikan ukuran sepeda saat dilipat bisa dimasukkan kedalam bagasi mobil, sehingga memudahkan proses membawa sepeda tersebut.

Semakin sedikit komponen sepeda yang dilipat maka semakin praktis sepeda tersebut saat dilipat dan dibawa kemana saja sesuai dengan keinginan anda.

4. Pastikan Ukuran Ban Sepeda Sesuai dengan Kebutuhan

Sepeda lipat dibuat dengan beragam variasi untuk beragam kebutuhan, salah satunya adalah variasi dalam ukuran ban sepeda itu sendiri. Pada umumnya sepeda lipat dibuat dengan varian ukuran ban mulai dari 12 inch hingga 26 inch, semakin kecil ukuran ban membuat kecepatan yang dicapai semakin dikels.

Sebaliknya, semakin besar ukuran ban, semakin cepat sepeda bisa melaju dengan tenaga yang dibutuhkan juga semakin besar.

Nah, dalam kondisi seperti ini anda dituntut untuk bisa memperhitungkan sepeda lipat yang tepat untuk anak laki-laki anda, jangan sampai sepeda lipat yang dipilih tidak sesuai harapan.

Ban dengan ukuran 14 sampai 16 inch cocok digunakan untuk bersepeda keliling kota, keuntungan lainnya adalah semakin kecil ukuran ban maka semakin ringkas pula sepeda dilipat namun kecilnya ukuran ban juga berpengaruh pada getaran saat melintasi jalan bergelombang.

Kemudian untuk ban berukuran 16 sampai 20 Inch cocok digunakan untuk pengguna sepeda lipat tingkat pemula.

5. Gear Ratio Sepeda Lipat

Pemilihan gear ratio pada sepeda lipat harus disesuaikan dengan kegunaanya. Bagi anda yang membutuhkan sepeda lipat anak laki-laki, pemilihan gear ratio standard sangat direkomendasikan, sebab jika memilih gear ratio yang terlalu cepat, khawatir dapat berbahaya bagi keselamatan pengendara.

Baca Juga: Permainan Boi-boian, Jadul tapi Mengasyikkan

6. Perhatikan juga Aksesoris Pendukung

Kendati aksesoris pendukung bisa mempengaruhi posisi sepeda saat dilipat, namun untuk sepeda llipat anak laki-laki, aksesoris pendukung seperti pelindung lumpur, lampu, kemudian standar sepeda juga diperlulkan.

Sebab dengan adanya aksesoris pendukung ini, kenyamanan pengendara lebih terjamin.

Nah, demikian tadi beberapa tips memilih sepeda lipat anak laki-laki yang bisa anda terapkan untuk memudahkan memilih sepeda lipat. Selain memastikan kondisinya saat membeli, penting juga bagi anda untuk memperhatikan perawatan sepeda tersebut.

Sehingga sepeda lipat anak laki-laki yang telah anda pilih bisa digunakan dalam rentang waktu yang lama dan tidak mudah rusak.

 

Related Articles

Back to top button