Setelah Kedatangan Anco Jansen, PSM Sisa Butuh Bek Asing

Baaca.id, MAKASSAR — PSM Makassar memang terbilang telat melakukan persiapan dibandingkan tim peserta lainnya di Liga 1 2021/2022. Tapi, salah besar jika menghilangkan skuat Ayam Jantan dari Timur ini dalam daftar kandidat juara musim ini.

CEO PSM, Munafri Arifuddin mengungkapkan, sampai saat ini persiapan timnya sudah mencapai 70 persen. Menurutnya, kerangka tim PSM mengandalkan mayoritas pemain yang membawa tim kebanggaan masyarakat Sulsel ini menembus semifinal Piala Menpora 2021.

“Setelah mendapatkan laporan evaluasi dari tim pelatih, manajemen bergerak cepat untuk menghubungi sejumlah pemain baru untuk menutupi kelemahan tim,” kata Munafri.

Sejatinya, kekuatan PSM bakal lebih mentereng dibandingkan ketika berkiprah di Piala Menpora 2021. Kehadiran kembali sang kapten, Wiljan Pluim (Belanda) bakal membuat serangan PSM lebih variatif.

Kedatangan striker asing asal Belanda, Anco Jansen bakal menambah ketajaman lini serang PSM. Pluim dan Jansen terlihat kompak dan saling memahami pergerakan satu sama lain karena keduanya pernah tampil bersama di Roda JC (Belanda).

Di Liga 1 nanti, Wiljan Pluim tampaknya lebih banyak beroperasi di area pertahanan lawan karena PSM memiliki tiga gelandang petarung yakni Sutanto Tan, Rasyid Bakri dan M. Arfan.

Kekuatan PSM bisa menakutkan lawan kalau mampu mendatangkan pemain asing berkualitas yang berposisi bek tengah. Saat ini, di posisi itu hanya dihuni Hasyim Kipuw dan Erwin Gutawa.

Memang, penampilan lini belakang PSM di Piala Menpora 2021 terbilang baik. Di mana empat bek yang berdiri sejajar yakni Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw dan Abdul Rachman menjadi benteng tangguh buat kiper Hilman Syah yang tampil sensasional di Piala Menpora 2021.

Erwin Gutawa yang memilih memperkuat PSM di Liga 1 musim ini mengaku tidak khawatir jika nantinya manajemen PSM mendatangkan stopper asing. Erwin pun bertekad untuk dapat mengambil satu tempat di skuat inti Pasukan Ramang.

“Untuk PSM saya akan bekerja lebih keras lagi untuk menyambut liga 1 nanti. Kita bersaing secara sehat lah, siapa yang tebaik akan dipasang pelatih. Yang jelas saya akan memberikan kontribusi yang terbaik lah,” ujar Erwin.

Erwin Gutawa sendiri merupakan pilar PSM Makassar di Piala Menpora 2021 lalu. Ia menjadi pemain yang memiliki angka tekel bersih terbanyak pada turnamen pramusim tersebut. (#)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button