Siap-siap BUMN, Banyak Negara Tertarik Kembangkan Ekonomi Hijau di Indonesia

Baaca.id, JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, beberapa negara berencana akan berinvestasi untuk mengembangkan sekaligus mengakselerasi green economy (ekonomi hijau) di Indonesia.

Menurut Erick, kepercayaan dunia internasional terhadap proyeksi positif pertumbuhan ekonomi Indonesia perlu direspons. Juga sebagai peluang yang harus ditanggapi seluruh perusahaan BUMN dengan serius.

“Sehingga transformasi yang dijalankan BUMN harus menjunjung prinsip transformasi energi bersih sekaligus mengakselerasi ekonomi hijau,” ujar Erick, Rabu (3/11/2021).

“Saya berharap BUMN-BUMN energi, seperti PLN, Pertamina, dan industri minerba kita bisa merespon dan menjalankan transformasi energi bersih dan mengurangi emisi karbon. Karena bagaimanapun juga ini tanggung jawab bersama demi keberlanjutan lingkungan hidup kita,” imbuhnya.

Ia pun menyatakan, BUMN sedianya tidak menganggap upaya menekan emisi sebagai beban untuk bertransformasi dan berinovasi.

“Karena jika sektor usaha BUMN sejak dini sudah memulai program dekarbonisasi pada lini bisnisnya, maka beberapa tahun ke depan justru akan membawa manfaat ekonomi yang lebih besar. Selain menciptakan peluang industri baru dan lapangan kerja yang lebih besar, harga energi Indonesia akan lebih terjangkau,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan, transformasi yang mengusung ekonomi hijau akan memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang dapat dirasakan seluruh masyarakat.

Antara lain, udara yang lebih bersih dan berkurangnya ancaman bencana hidrometeorologi akibat terjadinya perubahan iklim. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button