Simak Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru

BAACA.ID – Handphone (HP) merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan penggunaannya, HP yang sudah tidak layak baiknya diganti baru. Namun saat menggunakan HP baru, sebagian orang masih bingung memindahkan data dari HP lama ke yang baru.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan. Baik secara manual maupun otomatis, ini tergantung pengguna dan merek HP yang dimiliki.

Berikut ini Baaca telah merangkum beberapa cara yang mudah untuk memindahkan memindahkan data HP Android lama ke baru.

  1. Mencadangkan data HP lama

HP lama kamu harus dicadangkan atau dibackup datanya terlebih dahulu ke sistem penyimpanan komputasi awan (cloud), misal, Google Drive. Pastikan HP lama itu telah login ke akun Google dan jaringan internet. Lalu cadangkan data dengan cara-cara berikut ini:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah lalu pilih menu Sistem.
  3. Pilih menu Cadangan atau Back up lalu aktifkan fitur “Cadangkan ke Google Drive”.
  4. Klik tombol “Cadangkan sekarang” untuk menyingkronkan data di handphone dengan Google Drive.
  5. Setelah itu, handphone akan melakukan proses sinkronisasi data yang memerlukan waktu sekitar tiga sampai lima menit.

 

  1. Salin atau transfer data ke HP baru

Sesudah melakukan pencadangan data, lakukan penyalinan data tersebut ke HP baru. Aktifkan terlebih dahulu HP yang baru dan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tekan Start di menu awal saat HP baru pertama kali dinyalakan
  2. Pilih koneksi internet Wi-Fi yang tersedia dan masukkan email atau akun Google yang sebelumnya didaftarkan di HP lama
  3. Tekan Next di laman Copy Apps & data untuk mulai migrasi data dari HP lama

 

  1. Gunakan fitur kloning data di HP baru

Beberapa merek HP mendukung kloning atau pemindahan data otomatis terutama bila merek HP tersebut sama dengan HP yang lama. Merek HP seperti Apple dan Samsung adalah merek HP yang mempunyai fitur kloning data HP lama ke HP baru.

Ini langkah-langkah memindahkan data dari HP lama ke HP baru pada kedua merek HP di atas:

Apple/Iphone

  1. Backup iPhone sebelumnya atau lama ke iTunes atau Finder di Catalina.
  2. Buka perangkat iPhone baru. Diawal dengan tulisan “Hello”, lalu ikuti pengaturan awal hingga masuk ke bagian Apps & Data. Pilih opsi Restore from Mac or PC.
  3. Hubungkan iPhone baru ke komputer yang sebelumya digunakan untuk Backup iPhone lama.
  4. Buka iTunes atau Finder dan pilih perangkat iPhone baru.
  5. Pilih opsi Restore Backup. Pilih Backup yang sudah dibuat sebelumnya. Jika diperlukan, update terlebih dahulu iPhone baru ke iOS yang sama dengan iPhone lama.
  6. Ikuti pengaturan yang diberikan sebelum masuk proses Restore Backup.
  7. Tunggu proses Restore Backup selesai. Jika memungkinkan, pastikan perangkat iPhone terhubung ke Wi-Fi dan dalam mode charging setelah Restore Backup selesai. Cara ini akan mempercepat proses transfer data seperti foto, musik, atau data aplikasi yang tersimpan ke iCloud untuk kembali ke perangkat baru.

Samsung

Sebelumnya download aplikasi Smart Switch Mobile di Google Play store lalu pasang di perangkat baru. Jika mentransfer konten dari HP lain, harus memasang aplikasi di perangkat lama. Apabila sudah mendownload aplikasi melalui smartphone lama, bisa memilih memindahkan data dengan koneksi wifi atau menggunakan kabel data.

Selanjutnya dengan menggunakan koneksi wifi letakkan kedua perangkat berdekatan (dalam jarak 20 cm) lalu jalankan aplikasi ini di kedua perangkat. Kemudian, di perangkat lama pilih [Android Device], [Start], [Connect].

Hal ini akan mengirimkan data pribadi yang tersimpan di perangkat lama ke perangkat baru yang terhubung. Pilih kontak, data, file atau aplikasi yang ingin dipindahkan ke perangkat yang baru, proses pemindahan biasa memakan waktu 20-30 menit. Proses install aplikasi yang baru juga membutuhkan koneksi data. Jadi pastikan masih memiliki paket data atau terhubung ke wifi.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button