SMA Muhammadiyah 7 Makassar Menggelar Madrasah Ramadhan 1442 H

Baaca.id, MAKASSAR — Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan maghfirah dari Allah SWT dimana didalamanya terdapat perintah untuk berpuasa dan keutamaan-keutamaan yang dimiliki diantaranya diturunkannya Al-Qur’an, satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, pengampunan dosa dan dilipat gandakannya pahala kebaikan.

Oleh karena itu sebagai muslim kita mesti tidak melewatkan kesempatan ini dengan banyak melakukan kebajikan (amal saleh) agar kesempurnaan Ramadhan dapat kita miliki dan kita keluar dengan predikat Taqwa kepada Allah SWT. Aamiin.

Sebagai lembaga pendidikan formal SMA Muhammadiyah 7 Makassar berkomitmen untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional yang terintegrasi dengan tujuan Pendidikan Muhammadiyah agar generasi bangsa dapat mengambil peran yang strategis dalam pembangunan.

Untuk itu para generasi bangsa dalam hal ini siswa SMA Muhammadiyah 7 Makassar mesti dibekali dengan wawasan pengetahuan keislaman dan kebangsaan agar mereka mampu mengimplementasikan nilai keislaman dan kebangsaan ditengah kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Oleh kerena itu SMA Muhammadiyah 7 Makassar memprogramkan kegiatan Amaliyah Ramadhan 1442 H dengan kegiatan yang disebut “MADRASAH RAMADHAN 1442 H “ yang diharapaka mampu menjadi stimulant dan motivasi bagi Siswa SMA Muhammadiyah 7 Makassar agar gemar beramal nyata sekaligus memberi edukasi untuk peduli terhadap kondisi bangsa saat ini ditengah musibah pandemic dan bencana alam serta paham-paham yang menyesatkan.

Dengan mengabil tema “ Implementasi Nilai-nilai Keislaman dan Kebangsaan dalam Mewujudkan Kader Muhammadiyah yang Berkualitas dan Berkemajuan”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25-29 April 2021 yang lalu diikuti oleh kurang lebih 30 orang siswa dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Dalam kegiatan tersebut materi yang disajikan diantaranya keutamaan dalam menuntut ilmu yang dibawakan oleh KH. Sudirman, S.Ag pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Al-Qur’an dan Sains oleh Prof. Dr. Syamsir Dewang Guru Besar Fakultas MIPA Unhas yang disambut antusias oleh seluruh peserta kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut selain disiswa dibekali materi juga peserta diajak untuk taddarusan dan menghafal ayat suci Al-Qur’an minimal Juzz 30 (Juzz Amma) yang dipandu langsung oleh guru PAI dan wakasek urusan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba).

Kegiatan ini juga melibatkan seluruh warga sekolah baik siswa maupun guru2 dan karyawan. Karena rangkaian kegiatan ini juga dilakukan dengan buka puasa bersama sebelum siswa pulang kerumah masing-masing.

Kami berharap kegiatan ini selain dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman juga sebagai ajang silaturrahim dan membangun harmonisasi antar warga sekolah. Ujar Sabri, S.Pd Kepala SMA Muhammadiyah 7 Makassar. Lanjut dia menambahkan kalo kegiatan ini juga merupakan kegiatan relaksasi sebelum tatap muka di sekolah diberlakukan.(sabri)rilis.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button