Berburu Oleh-oleh di Somba Opu Makassar

Somba Opu Makassar, surganya kuliner. Siapa yang tidak kenal Sombu Opu? salah satu sentral kerajinan tangan dan industri di Makassar.

Baaca.id, MAKASSAR — Ketika berkunjung ke Makassar tidak ada salahnya mampir ke Somba Opu Makassar. Di  tempat ini, Anda akan menjumpai suguhan aneka kerajinan tangan khas Makassar.

Aneka kerajinan tersebut, antara lain: peci Bugis, kain tenun Toraja, hingga minyak gosok semuanya ada di sini. Berikut ulasan selengkapnya.

Surga Belanja di Kota Makassar

Sepanjang jalan Somba Opu merupakan pusat industri dan kerajinan tangan di Makassar.

Baca Juga: Adu Kerbau Toraja Upacara Menarik Untuk Mengantar Arwah Leluhur

Anda akan menjumpai deretan toko-toko yang menawarkan aneka kerajinan khas Makassar.

Anda bisa berburu aneka kerajinan emas perak yang harganya terjangkau. Kemudian Anda juga dapat membeli pakaian, kuliner sampai dengan alat musik pun dapat Anda jumpai di Somba Opu Makassar

Keberadaan tempat ini begitu menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke kota itu. Setiap akhir pekan dan hari libur kawasan tersebut selalu dipenuhi ratusan wisatawan.

Mereka sengaja datang ke kota ini untuk melihat secara langsung dan berburu beragam oleh-oleh yang indah dan mempesona.

Tidak heran bila kemudian Somba Opu terkenal sebagai surganya belanja di Makassar.

Lokasinya Dekat Objek Wisata

Lokasi Somba Opu Makassar tidak jauh dari beberapa obyek wisata, seperti: Pantai Losari, Benteng Rotterdam hingga Trans Studio Makassar.

Dari sinilah Anda dapat menemukan dan mencari letak Somba Opu Makassar yang terkenal itu dengan mudah.

Lokasi yang strategis dekat dengan hotel, pusat perbelanjaan, dan bandara serta pelabuhan membuat Anda dengan mudah untuk berburu kerajinan tangan khas Makassar tersebut.

Asal Usul Nama Jalan Somba Opu

Somba Opu salah satu jalan utama di kota Makassar yang dikenal sebagai sentral oleh-oleh dan kerajinan tangan khas Bugis-Makassar.

Baca Juga: Baju Bodo, Baju Adat Bugis-Makassar

Sebelum populer menjadi tempat surganya belanja di Makassar, dahulu Somba Opu dikenal sebagai pusat perdagangan rempah-rempah semenjak zaman VOC.

Pasca kemerdekaan, lokasi ini belum direnovasi, kemudian pada tahun 1970 pemerintah setempat membuat sentral kegiatan ekonomi.

Tempat ini akhirnya mengalami perkembangan pesat, hingga kemudian menjadi pusat kerajinan tangan dan oleh-oleh seperti sekarang.

Pusat Jual Beli Emas di Sulawesi Selatan

Ketika mengunjungi kawasan Somba Opu Makassar, Anda akan menemukan banyak deretan toko emas. Setidaknya ada 30 toko emas yang menjajakan aneka jenis emas mulai dari 22 hingga 23 karat.

Anda juga menjumpai beragam bentuk emas dari cincin, gelang, kalung hingga anting-anting. Keberadaan Somba Opu Makassar mampu menarik tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Mirip Malioboronya Yogyakarta

Deretan toko-toko yang menghiasi sepanjang jalan Somba Opu Makassar ini jika dilihat lebih dekat tidak jauh berbeda dengan Jalan Malioboro di Yogyakarta.

Malioboro Yogyakarta dengan ciri khas pusat kegiatan ekonomi dari pusat perbelanjaan hingga toko oleh-oleh.

Sombu Opu Makassar juga tidak kalah potensi pariwisatanya. Hal ini dapat Anda lihat dari aktivitas kegiatan ekonomi yang berlangsung di sepanjang jalan Somba Opu.

Menariknya, kegiatan ekonomi yang berpusat di jalan ini hanya fokus pada sentral kerajinan tangan. Aktivitas ekonomi seperti itu menjadi ciri khas kota Makassar.

Berburu Minyak Gosok Cap Tawon

Wisata di Somba Opu Makassar memang perjalanan wisata yang mengasyikkan. Anda tidak hanya dapat berburu emas, Anda pun bisa mendapatkan minyak gosok cap tawon.

Aneka kemasan botol dengan berbagai ukuran bisa menjadi pilihan Anda. Dari bermacam ukuran botol minyak gosok yang ditawarkan. Kemasan botol ukuran 330 mililiter lah yang sering diburu oleh para wisatawan.

Berburu Tenun Khas Bugis

Kerajinan tenun khas Bugis bisa menjadi alternatif pilihan sebagai buah tangan atau bagi keluarga di rumah. Aneka motif dengan ciri khas Makassar, kemudian  warna-warna yang cerah menawarkan kepada Anda untuk mengoleksinya.

Pusat Kuliner

Somba Opu Makassar merupakan salah satu pusat kuliner saat malam hari tiba. Suguhan aneka kuliner khas Makassar tersaji indah di lokasi ini.

Anda bisa memilih beberapa kuliner, antara lain pisang epe dan deretan makanan khas lainnya yang memanjakan lidah Anda.

Sejumlah warung makan menggelar lapaknya di sepanjang jalan Somba Opu menjadi alternatif wisata kuliner yang menyenangkan.

Itulah ulasan singkat tentang berburu oleh-oleh di Somba Opu Makasar yang bisa menginspirasi.



Related Articles

Back to top button