Startup Dalam Negeri Kian Dikuasai Asing

Erick Thohir Desak BUMN Turut Berinvestasi

Baaca.id, JAKARTA – Saat ini, telah banyak bermunculan startup lokal. Sayang, nyaris semua dikuasai investor asing.

Kenyataan tersebut juga disayangkan Menteri BUMN Erick Thohir. Diungkapkan melalui staf khusus, Arya Sinulingga.

Menteri BUMN, Erick Thohir

“Kita ini kecewa, ternyata Gojek itu dikuasai asing sekarang, Tokopedia dikuasai asing, Bukalapak juga, tidak ada investor lokal yang masuk,” ungkapnya

Tak ingin semua startup dalam negeri dikuasai pihak asing, Arya Sinulingga pun menyampaikan harapan Erick Thohir bahwa semestinya perusahaan BUMN maupun investor lokal lebih giat menyuntikkan dana ke perusahaan bisnis rintisan tersebut.

Menurut Arya, peluang mendominasi investasi startup dalam negeri cukup terbuka lantaran ada sejumlah BUMN perbankan yang menjadi pemberi dana.

“Jangan marah kalau asing kuasai startup kita, makanya BUMN harus masuk, lima BUMN ini sudah masuk venture capital,” ujar Arya.

Arya mengatakan, Menteri Erick terus mendorong perusahaan pelat merah untuk ikut membidik sektor startup lokal. Misalnya ke ranah fintech, e-commerce, hingga edutech.

“Dengan (perusahaan) asing aja masuk, berarti (ada) peluang besar. Masa kita nunggu-nunggu terus kalau udah besar mereka nilainya gak ada lagi. Kalau terus ketakutan jangan harap startup dimiliki kita, ya dimiliki asing sementara konsumennya kita,” tuturnya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button