Subhanallah Ada Masjid Berbentuk Ka’bah di Bulukumba Sulsel, Dibangun di Kawasan Rumah Adat Bola Kambarae

Baaca.id- , Satu lagi rumah ibadah yang dibangun umat muslim di Bulukumba Sulsel. Tepatnya di Tanete, Kecamatan Bulukumpa.
Sebuah bangunan masjid di daerah ini, terbilang unik dan satu-satunya di Bulukumba. Masjid bernama Sitti Aisyah ini bersegi empat, berwana hitam lalu menyerupai Ka’bah.
Bukan hanya karena menyerupai Ka’bah, yang juga dibuat unik lainnya adalah karena masjid ini dibangun di kawasan rumah adat Bola Kambarae (Rumah Kembar).

Bola Kambarae adalah rumah adat yang ada di kecamatan Bulukumpa, Sulsel yang saat ini menjadi museum sebagai bukti perjuangan masyarakat Bulukumpa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid Sitti Aisyah pertama kali pada Agustus 2021 yang lalu.
Masjid ini telah diresmikan oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf pada Jumat 4 Maret 2022 bertepatan 1 Syaban 1423 hijriah atau sebulan sebelum memasuki bulan ramadan.
Ketua Panitia pembangunan masjid A. Wahyu Ramadhan menyampaikan nama masjid diambil dari nama istri Rasulullah SAW yakni Sitti Aisyah.
“Masjid Sitti Aisyah ini diambil dari keistimewaan seorang Istri Rasulullah SAW,” ungkapnya.

Sitti Aisyah, tambah Wahyu juga merupakan nama dari ibunda Syamsiar Saleh istri Alimuddin Beddu yang merupakan donatur utama pembangunan masjid ini. Alimuddin Beddu adalah pengusaha dan pemilik perusahaan Arta Group.
Sitti Aisyah juga adalah nama dari ibunda Andi Rahmat Ansaruddin selaku pihak yang mewakafkan lahan untuk bangunan masjid, yaitu Andi Sitti Aisyah yang akrab disapa Karaeng Bintang.
“Jadi penamaan masjid ini, lebih kepada penghargaan untuk seorang ibu yang telah mengasuh dan membesarkan anak anaknya,” terangnya.

Dikatakan hadirnya Masjid Sitti Aisyah sebagai tempat ibadah umat muslim selaras dengan prinsip dan unsur budaya Bulukumpa Toa yaitu untuk selalu dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung program pemerintah.

Masjid Sitti Aisyah pun diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah masyarakat serta menjadi sarana dan prasarana kegiatan sosial lainnya.
Dengan struktur bangunan yang unik menyerupai Ka’bah, ia berharap masjid ini akan menjadi ikon baru di Kabupaten Bulukumba.
Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf mengucapkan terima kasih kepada dua keluarga besar H. Andi Mansyur dan keluarga besar H. Alimuddin Beddu yang telah menghibahkan lokasi dan menginisiasi pembangunan masjid, sehingga saat ini masjid yang indah tersebut mampu dirampungkan dengan baik.
“Kita juga berharap keberadaan masjid ini dapat menunjang kegiatan keagamaan dan semakin menambah semangat warga masyarakat dalam menjalankan ibadah, apalagi satu bulan ke depan, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan,” pinta Andi Utta sapaan akrabnya



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button