Survei Elektabilitas Charta Politika: Ganjar dan Anies Kalahkan Prabowo

Baaca.id, JAKARTA — Charta Politika Indonesia merilis hasil surveinya secara daring, Kamis (12/8/2021). Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memiliki elektabilitas tertinggi sebagai kandidat capres potensial Pilpres 2024 mendatang.

Dalam survei itu, Ganjar memiliki elektabilitas sebesar 20,6 persen. Disusul Anies di urutan kedua dengan 17,8 persen.

Sedangkan Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto malah berada di posisi ketiga. Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki elektabilitas 17,5 persen.

Melengkapi posisi lima kandidat teratas adalah Sandiaga Uno (7,7 persen) dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (7,2 persen).

Membuka posisi enam, adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 4,2 persen. Selanjutnya Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (3,6 persen).

Posisi delapan, ditempati Menteri BUMN, Erick Tohir (1,8 persen). Sementara di posisi dua terakhir diisi dua nama yang belakangan kerap terlihat di baliho atau billboard di jalan- jalan, yakni Puan Maharani (1,4 persen) dan Airlangga Hartarto (1,0 persen).

“Survei ini dilakukan simulasi elektabilitas terhadap 10 nama tokoh sering disebut oleh publik maupun lembaga survei,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wiajaya.

Untuk diketahui, survei Charta Politika Indonesia ini dilakukan pada 12-20 Juli 2021. Sebanyak 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi dilibatkan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Usia minimum responden adalah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Survei menggunakan metode sampling multistage random sampling atau penarikan sampel acak bertingkat.

Dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen, survei ini memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button