Berikut Ini Dokumen dan Syarat CPNS 2021 yang Penting Diketahui

Baaca.id – Cara daftar CPNS 2021 salah satu tips menjadi Pegawai Negeri Sipil. Saat ini pendaftaran CPNS segera dibuka 30 Juni 2021 yang berlangsung selama 1 bulan.

Anda yang ingin mengikuti pendaftaran perlu mempersiapkan diri dari sekarang. Anda penting mempersiapkan diri supaya lulus seleksi administrasi CPNS.

Persiapkan diri Anda dengan memahami dokumen maupun syarat CPNS 2021 yang dibutuhkan.

Pemahaman terhadap dokumen dan syarat CPNS 2021 wajib Anda ketahui agar saat pendaftaran CPNS dibuka, Anda telah siap persyaratannya.

Dilansir dari laman website resmi sscasn.bkn.go.id berikut ini syarat CPNS 2021:

  1. WNI
  2. Usia maksimal minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Usia 40 tahun berlaku posisi dokter spesialis gigi, dosen, peneliti yang memiliki kualifikasi S3 atau dokter.
  3. Tidak pernah dipidana penjara 2 tahun. Kemudian tidak pernah diperhentikan secara terhormat, tidak atas permintaan sendiri atau dengan terhormat sebagai anggota TNI/Porli

Syarat CPNS 2021 yang lain penting Anda ketahui, yakni memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan. Kemudian sehat jasmani dan rohani serta bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Syarat CPNS 2021 lainnya yang perlu Anda pahami mencakup: KTP,  KK, pas foto peserta, scan ijazah asli, scan surat lamaran, hingga scan surat pernyataan.

Anda juga penting membuat surat lamaran dengan tulisan tangan pensil warna hitam dengan rapi dan benar. Di samping itu, tidak lupa pula membuat surat pernyataan yang berkaitan dengan persyaratan CPNS.

Kedua dokumen tersebut wajib Anda miliki. Kemudian Anda yang ingin mendaftarkan di instansi kesehatan juga penting membuat surat keterangan. Bila Anda tidak miliki dipastikan Anda gugur administrasi CPNS.

Saat pembukaan pendaftaran CPNS dimulai Anda dapat melakukan pendaftaran, tetapi Anda tidak perlu terburu-buru dalam mengisi formulir yang telah disediakan.

Teliti dan cermat dalam melaksanakan pendaftaran, karena bila Anda salah dalam pengisian formulir berdampak pada kegagalan.

Setelah semuanya sudah siap baik berkas-berkas penting dan psikologis Anda. Saatnya Anda mendapatkan diri dengan mengunjungi portal sscasn.bkn.go.id.

Sebelum melakukan pendaftaran Anda baiknya menyiapkan beberapa dokumen penting seperti KTP dan KK.

Cara pendaftaran CPNS 2021 mudah cukup klik website portal SSCN BKN di sscasn.bkn.go.id. Anda terlebih dahulu membuat akun SSCASN.

Setelah berhasil buat akun lalu login dengan menggunakan nomor NIK yang ada di KTP dan nomor KK. Kemudian unggah foto dengan memegang KTP dan kartu akun SSCASN.

Baca Juga:

Selanjutnya melengkapi data diri sesuai KTP dan memilih formasi jabatan yang ditawarkan. Saat memilih formasi jabatan penting dilakukan secara cermat dan teliti disesuaikan dengan bidang akademik maupun keahlian yang dimiliki.

Berikut ini beberapa dokumen penting yang wajib diunggah saat pendaftaran CPNS:

Pertama: Scan pas foto latar belakang merah dengan ukuran maksimal 200 KB jpeg/jpg, Kedua: Scan swafoto maksimal ukuran 200 KB jpeg/jpg.

Ketiga: Scan KTP maksimal ukuran 200 KB jpeg/jpg. Keempat: Scan surat lamaran maksimal ukuran 300 kb tipe file pdf, Kelima: Scan ijazah dan Serdik/STR ukuran maksimal 800 kb file pdf.

Keenam: Scan transkrip nilai maksimal ukuran 500 kb tipe file pdf dan ketujuh: scan dokumen pendukung lainnya ukuran maksimal 800 KB file pdf.

Pastikan koneksi internet stabil ketika mengunggah dokumen. Anda tidak perlu segan pindah lokasi mencari internet yang stabil agar hasilnya maksimal. CPNS.

Namun, Anda juga  perlu mengetahui setiap pelamar CPNS hanya boleh mendaftar 1 formasi jabatan pada instansi dalam satu kali periode pendaftaran.

Verifikasi dokumen juga penting dilakukan untuk memastikan semua dokumen yang terkirim memenuhi persyaratan. Sesudah dinyatakan lolos, peserta diwajibkan mencetak kartu pendaftaran yang ada di portal SSCASN.

Kartu peserta CPNS yang selesai dicetak kemudian disimpan untuk keperluan saat pelaksanaan test kompetensi dasar nanti.

Hal lain dalam cara daftar CPNS 2021 yang penting dipahami adalah formasi jabatan

Anda wajib memilih 1 formasi jabatan saja dan tidak boleh lebih dari 1. Bila Anda ketahuan mendaftarkan lebih dari 1 formasi jabatan pada pendaftaran CPNS dan PPPK.

Dipastikan Anda gugur sebagai peserta CPNS.

Anda yang telah terdaftar dan memiliki kartu peserta CPNS. Ada baiknya Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi test kompetensi dasar dan bidang keahlian yang digelar dalam waktu dekat ini.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button