Syarat Menjadi Wasit Bola Voli, Tertarik?

Baaca.id — Pertandingan bola voli yang menarik tentu menjadi tontonan yang menghibur dan mengasyikkan.

Suatu perlombaan voli dipimpin oleh seorang wasit utama (wasit I) dan wasit II, dengan tujuan mengawasi jalannya pertandingan yang berlangsung yang terdiri dari dua tim dan masing-masing tim beranggotakan 8 orang.

Itulah mengapa kehadiran seorang wasit penting dan perlu dihadirkan dalam setiap pertandingan.

Sebelum mengetahui syarat-syarat menjadi wasit bola voli, Anda terlebih dahulu juga harus mengerti kewajiban beserta tugas-tugasnya sebagai wasit berikut ini:

Wasit utama memberikan keputusan kesalahan pindah servis, atau menambah nilai salah satu regu ketika pertandingan sedang berlangsung.

Wasit kedua mempunyai kekuasaan mengambil keputusan dengan tugas yang sedang berlomba. Punya kekuasaan utuh untuk mengambil keputusan yang tugas membantu wasit pertama jika terjadi time out.

Saat terjadi time out wasit kedua mempunyai kewenangan menghitung berapa kali time out yang dilakukan oleh masing-masing tim regu, wasit pertama, dan pelatih.

Wasit kedua perlu mengawasi cara kerja wasit pertama. Bila cara kerja wasit pertama tidak bisa melakukan dengan baik, wasit kedua mempunyai kewenangan untuk mengambil alih semua tugas wasit pertama.

Skorer atau pencatat nilai yang memiliki tugas mencat skor. Selain itu skorer mempunyai kewenangan untuk mengatakan kepada pelatih atau kapten tim mengenai jumlah pergantian dan time out bila diminta.

Tidak hanya mencatat skor dalam sebuah pertandingan, tetapi juga mencatat dan mengawasi semua urutan servis dari masing-masing tim. Skorer bertugas mencatat semua teguran dan peristiwa yang terjadi saat perlombaan berlangsung.

Pada perlombaan voli, kehadiran penjaga garis bertugas mengawasi bola yang masuk atau keluar lapangan.

Hasil catatan itu kemudian di serahkan ke wasit pertama. Ketika ada pertandingan penting dapat memakai 4 penjaga garis yang membawa bendera kecil dengan cara ini perlombaan akan lebih sportif.

Baca Juga:

Hak dan Tanggung Jawab Wasit dalam Syarat Menjadi Wasit Bola Voli

Tanggung jawab wasit I memeriksa kondisi lapangan dan perlengkapan lainnya, kemudian melakukan undian dengan kedua kapten.

Tanggung jawab lainnya seorang wasit I dalam pertandingan bola voli, yakni mengawasi kedua regu melakukan pemanasan.

Hak wasit pertama bola voli antara lain memimpin pertandingan dari awal sampai akhir. Selama perlombaan berlangsung keputusan wasit adalah mutlak.

Wasit pertama juga mempunyai hak untuk membatalkan keputusan dari petugas lain bila mereka melakukan kesalahan, yang kemudian dalam perjalanan tugasnya di bantu penuh oleh wasit kedua.

Tanggung jawab wasit mencegah pemain cadangan melakukan pemanasan di luar lapangan pertandingan saat permainan berlangsung.

Menolak pengajuan time out yang tidak sah, kemudian menentukan perlu atau tidaknya pengeringan lantai permainan yang dianggap basah atau licin.

Posisi wasit pertama dan kedua akan menempati di kanan kiri lapangan. Wasit Pertama duduk di atas kursi wasit di salah satu ujung net.

Wasit kedua duduk diseberang berhadapan dengan wasit pertama saat salah satu regu melakukan servis dan berdiri di daerah depan penerima servis baru kemudian pindah ke meja pencatat.

Setelah mengetahui tugas-tugas, hak, dan tanggung jawab wasit bola voli, Anda saatnya memahami juga syarat-syarat menjadi wasit bola voli. Berikut ini sederet beberapa syarat-syarat menjadi wasit bola voli dirangkum dari berbagai sumber.

Syarat-syarat Menjadi Wasit Bola Voli

Seorang wasit utama bukan sekedar mengetahui tugas-tugasnya dalam sebuah pertandingan yang sedang berlangsung. Namun, harus memenuhi persyaratan yang sesuai dengan peraturan PBVSI.

seorang wasit bola voli harus sehat jasmani dan rohani dan memiliki minat, ketertarikan terhadap bola voli. Pendidikan minimal lulusan SMA, serta tidak boleh dilupakan umur antara 20-40 tahun.

Syarat menjadi wasit bola voli yang penting diperhatikan, yaitu: menjadi anggota salah satu perkumpulan bola voli dan memakai pakaian, maupun atribut, beserta perlengkapannya

Masalah pakaiannya juga perlu diperhatikan. Karena bertugas sebagai wasit, seperti: memakai baju berkerah, sepatu karet putih.

Itulah informasi singkat tentang syarat menjadi wasit bola voli yang bisa menjadi inspirasi bila Anda tertarik.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button