Tak Dapat Buktikan Buyutnya Lahir di Makassar, Klok Belum Bisa Perkuat Timnas

Baaca.id — Marc Anthony Klok dipastikan tak bisa memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pemain naturalisasi itu masih terkendala administrasi perpindahan asosiasi.

Marc Klok mengaku punya garis keturunan dari kakek buyutnya yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, pemain Persib Bandung itu tak bisa membuktikannya.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri angkat bicara mengenai hal ini. Dia mengatakan, ada kendala administrasi yang membuat PSSI tak bisa memanggilnya ke timnas Indonesia.

“Marc Klok belum bisa berpindah asosiasi (dari KNVB ke PSSI). Ini seperti Ezra Walian. Karena menurut FIFA, dia itu tak bisa menunjukkan dokumen keturunan,” kata Indra Sjafri.

“FIFA meminta dokumen (bukti) keturunan (Indonesia). Kami tidak bisa membuktikan, dia juga tidak bisa membuktikan ada dokumen itu. Akhirnya dia harus menunggu 5 tahun tinggal di sini,” tambah Indra Sjafri.

Dalam kasus Marc Klok yang tak bisa menunjukkan sebagai keturunan Indonesia, ia bisa mengacu ke syarat yang terakhir. Yakni minimal tinggal lima tahun di Indonesia untuk bisa memperkuat Garuda.

Adapun Marc Klok sudah tinggal dan bekerja di Indonesia sejak memperkuat PSM Makassar mulai April 2017. Itu berarti ia baru bisa memperkuat timnas Indonesia setelah April 2022.

Klok telah dinaturalisasi sejak November 2020. Mantan pemain PSM Makassar itu mendapatkan status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) lewat bantuan dari Kemenpora, Kemenkumham, dan PSSI.

Klok dinaturalisasi lewat jalur Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia yang memperbolehkan Warga Negara Asing (WNA) menjadi WNI tanpa perlu melalui pasal ke-9 huruf b dengan syarat WNA itu telah berjasa kepada Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara. (#)

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button