Tambang Emas di Parigi Moutong Longsor, Tiga Penambang Tewas

Tambang emas di Desa Buranga, Kecamatan Ampipabo, Kabupaten Parigi Moutong Sulteng

Baaca.id – Tambang emas ilegal di Dusun Sinaa, Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), longsor, Rabu (24/2/2021) petang. Tiga penambang tewas akibat tertimbun.

Informasi yang diterima menyebutkan, ada puluhan penambang yang jadi korban atas peristiwa tersebut. Dimana 15 korban ditemukan selamat, 3 orang luka-luka, dan 3 dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu 5 orang lainnya masih dalam proses pencarian.

Setelah menerima laporan dari masyarakat, personel Basarnas dikerahkan ke lokasi tambang, Rabu (24/2/2021) sekira Pukul 21.20 Wita. Peristiwa longsor terjadi sekira pukul 18.00 Wita. Lokasinya berjarak sekira 52 kilometer dari Kota Parigi, ibu kota Kabupaten Parigi Moutong.

Pejabat Humas Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Palu, Fatmawati mengatakan, sedikitnya ada 36 orang dari berbagai unsur SAR dilibatkan dalam operasi pencarian korban tertimbun longsor di lokasi penambangan emas tanpa izin itu.

“Tim SAR terus berupaya melakukan evakuasi. Kami berharap korban tertimbun longsor bisa segera dievakuasi,” ujar Fatmawati, Kamis (25/2/2021).Sementara itu, dalam siaran persnya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Parigi Moutong menyebutkan, alat-alat berat dikerahkan untuk melakukan evakuasi. Korban yang berhasil dievakuasi telah dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button