Manfaat dan Keunikan Tanaman Wijaya Kusuma

Baaca.id — Ada banyak tanaman hias yang direkomendasikan untuk mempercantik rumah. Menanam tanaman hidup di rumah selain menjadi media menyalurkan hobi juga terbukti mampu mempercantik tampilan rumah siapapun pemiliknya.

Trend mempercantik pekarangan rumah juga saat ini tengah digemari khususnya ditengah merebaknya wabah Covid-19 seperti saat ini.

Berbagai tanaman hias juga kini mulai banyak digemari oleh masyarakat, seperti; Monstera, kaktus hingga jenis tanaman rambat.

Namun, dari sekian banyak tanaman itu, ada satu tanaman yakni tanaman wijaya kusuma yang penggemarnya tak pernah sepi meski jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Ini sangat beralasan mengingat tanaman wijaya kusuma memiliki keunikan dan bentuk bunga yang indah sehingga sangat cocok jika ditanam di pekarangan rumah.

Baca Juga: 11 Tanaman yang Beracun dan Ciri-cirinya

Tak hanya bentuknya yang indah, tanaman wijaya kusuma juga ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, tanaman wijaya kusuma yang masuk dalam kategori tanaman sukulen ini juga kental dengan mitos khususnya pada masa lampau.

Tanaman wijaya kusuma yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah ini pun relatif mudah perawatannya terlebih di seluruh wilayah Indonesia yang dikenal beriklim tropis.

Mitos Bunga Wijaya Kusuma

Pada zaman dahulu, tanaman wijaya kusuma menjadi simbol kejayaan sebuah kerajaan, karenanya bunga dari tanaman wijaya kusuma ini juga disebut sebagai bunga kejayaan.

Ketika itu, siapapun yang mampu menanam tanaman wijaya kusuma dan menghasilkan bunga wijaya kusuma maka keturunan dari pemilik tanaman wijaya kusuma itu dipercaya akan sukses.

Tak hanya itu saja, tanaman wijaya kusuma juga erat kaitannya dengan Kerajaan Majapahit. Dalam aturannya, siapapun calon raja yang hendak naik tahta wajib memetik sekuntum bunga wijaya kusuma sebagai perlambang kejayaan kerajaan selama sang raja memimpin.

Keunikan Tanaman Wijaya Kusuma

Selain berkembangnya mitos tentang wijaya kusuma. Bunga wijaya kusuma ini memiliki keunikan tersendiri yakni; bunga wijaya kusuma memiliki periode waktu mekar yang amat singkat khususnya pada sore hingga malam hari.

Dan, pada dini hari, bunga wijaya kusuma akan kembali layu. Nah, saat bunga wijaya kusuma mekar maka bunga wijaya kusuma akan mengeluarkan wangi yang khas yang harumnya hanya dimiliki oleh tanaman ini.

Manfaat Tanaman Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Di balik keindahan dan keunikan tanaman ini, terdapat juga manfaat dari hampir seluruh bagian tanaman wijaya kusuma ini. Berikut beberapa manfaatnya;

1. Obat Bisul

Bunga wijaya kusuma efektif untuk digunakan sebagai obat bisul. Cukup dengan memetik dua kuntum bunga wijaya kusuma atau seberat 10 gram kemudian tumbuk hingga halus dan beri sedikit air hingga bunga wijaya kusuma benar-benar halus.

Setelah itu, oleskan campuran bunga wijaya kusuma dan air itu ke bagian tubuh yang bisulan hingga benar-benar sembuh.

2. Obat Radang Tenggorokan

Bunga wijaya kusuma juga efektif untuk mengobati radang tenggorokan. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah. Cukup dengan memetik 5 bunga wijaya kusuma kemudian rebus bunga wijaya kusuma hingga mendidih setelah itu saring.

Setelah air rebusan hangat-hangat kuku, minumlah air rebusan tersebut hingga radang tenggorokan benar-benar sembuh.

Baca Juga: Harga Bunga Hias Hidup Mahal, Masih Banyak Diburu

3. Obat Nyeri Lambung

Jika kamu mengalami nyeri lambung, bunga wijaya kusuma juga efektif meredakan nyeri lambung. Cara pengolahannya pun sama dengan mengobati radang tenggorokan. Tapi, air rebusan bunga wijaya kusuma baru boleh diminum saat air sudah benar-benar dingin.

Saat minum air rebusan bunga wijaya kusuma ini, kamu akan merasakan perut yang lebih nyaman dan sejuk karena pada dasarnya bunga wijaya kusuma memiliki karakter rasa seperti daun mint yang dingin dan sejuk.

4. Meredakan Asma

Jika kamu memiliki penyakit asma dan sudah berobat kesana kemari tapi tak kunjung sembuh. Maka pengobatan dengan tanaman ini bisa kamu coba.

Caranya, cuci sedikitnya 6 buah bunga wijaya kusuma kemudian iris kecil-kecil setelah itu masukkan irisan bunga wijaya kusuma ke dalam air matang di dalam botol minum dan diamkan selama tiga jam.

Setelah tiga jam, infusan bunga wijaya kusuma bisa kamu minum atau bisa juga diminum saat asma menyerang.

Demikian lah beberapa manfaat tanaman wijaya kusuma yang bisa dijadikan sebagai obat alami untuk berbagai keluhan penyakit.

Jadi selain mampu mempercantik rumah, tanaman wijaya kusuma juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

 

 



Related Articles

Back to top button