11 Tanaman yang Beracun dan Ciri-cirinya

Baaca.id — Tanaman hias dengan aneka warna dan bentuk yang indah ditanam disudut dan halaman rumah membuat rumah asri dan sejuk.

Terkadang tanpa tidak disadari beberapa tanaman hias cantik yang ditanam tersebut memiliki kandungan racun yang tinggi. Bahkan dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan Anda dan keluarga.

Banyaknya tanaman hias yang ditanam sekitar rumah secara tidak sengaja memberi dampak buruk terhadap anak-anak maupun hewan peliharaan di rumah.

Deretan tanaman hias itu membawa pengaruh negatif yang bisa menyebabkan kematian. Kemungkinan buruk akan terus terjadi, bila tidak ada kehati-hatian dalam aktivitas menanam tanaman hias.

Baca Juga: Harga Bunga Hias Hidup Mahal, Masih Banyak Diburu

Cara Mengetahui Tanaman Hias Beracun di Sekitar

Getah pada Tanaman yang Beracun

Untuk mengetahui tanaman yang beracun atau tidak dapat dilihat dari getahnya. Getah yang bagian tumbuhan, seperti: batang, akar, daun, buah serta bijinya.

Saat Anda mengoleskan getah pada kulit terasa gatal dan berbau menandakan tanaman tersebut beracun.

Warna Mencolok

Warna mencolok pada bunga, daun, warna kontras pada warna bunga yang menjadi ciri tanaman yang beracun.

Indikasi lain yang terlihat kontras menandakan tanaman yang beracun, yakni: hewan. Hewan menghindari warna-warna mencolok pada tanaman seperti jamur.

Bau Menyengat

Ciri tanaman yang beracun dapat dilihat dari adanya baunya yang menyengat dengan ciri-ciri aroma atau bau tidak enak, kuat.

Kadar kandungan zat beracun yang terindentifikasi tinggi saat Anda menghirup aromanya membuat pusing, mual-mual, tidak enak badan dan segera hindari tanaman tersebut.

10 Tanaman Hias Beracun yang Wajib Diwaspadai

Sri Rejeki

Tanaman jenis Aglonema yang mempunyai daun lebar dengan warna daun merah dan hijau ini merupakan tanaman yang beracun. Getah yang ada di tanaman jenis ini seringkali menimbulkan rasa gatal hingga iritasi

Pohon Jarak

Jenis tanaman hias yang satu ini juga terkenal kandungan racunnya berbahaya. Biji pohon jarak mempunyai kandungan racun yang tinggi, bahkan jika biji jarak termakan akan menyebabkan kematian.

Bunga Oleander

Kandungan racun pada jenis Oleander ini mencapai 847 yang terletak pada bunganya. Warna bunga Oleander yang berwarna merah muda  memang begitu cantik dan menarik, tetapi beracun.

Pohon Kecubung

Pohon Kecubung salah satu tanaman yang beracun dan wajib diwaspadai. Seringkali pohon tersebut dimanfaatkan untuk pengobatan rematik hingga asma.

Pengolahan secara tidak tepat pada pohon Kecubung menyebabkan racun yang disebut risin. Bahkan kandungan racun yang ada di dalamnya akan menimbulkan kematian.

Singkong Karet

Pohon yang memiliki nama latin Manihot Glaziovii mengandung kandungan racun yang tinggi. Umbi dan daunnya mampu menghasilkan asam sianida. Senyawa yang ada di asam sianida bisa menyebabkan kematian.

Kembang Terompet

Tanaman yang berberasal dari Amerika Selatan ini memiliki kandungan racun yang cukup tinggi dan dapat memicu kematian.

Kuping Gajah

Warna hijau dengan perpaduan warna merah begitu menarik. Tanaman yang masih keluarga talas memiliki kandungan racun yang tinggi pada daunnya.

Getah yang terdapat pada daun kuping gajah menimbulkan rasa gatal dan sensasi terbakar di kulit. Bahkan menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak dan sulit bernafas.

Baca Juga: Harga Kelapa Bonsai

Bunga Lily

Warna bunga Lily yang berwarna putih dengan wanginya yang semerbak. Siapapun terpikat dengan warna bunga dan baunya yang harum mempunya racun.

Hewan peliharaan yang ada di rumah sebaiknya jauhkan dari tanaman Lily ini. Jika hewan kesayangan Anda menjilatinya akan membuatnya sakit perut hingga kematian.

Lidah Mertua

Bentuk pada tanaman Lidah Mertua memang menarik seperti pedang memiliki kandungan racun yang cukup tinggi. Getah ada pada tanaman ini mempunyai efek membuat muntah dan diare.

Tanaman Dollar

Bentuknya yang unik dengan warna hijau tua cocok untuk hiasan rumah, tetapi perlu diwaspadai tanaman jenis ini mempunyai kandungan racun yang tinggi. Kandungan senyawa oksalat pada getah tanaman dollar menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

Foxglove

Berbentuk lonceng dengan warna yang cerah dan indah menarik siapapun untuk mengoleksinya. Kandungan glikosida yang ada di tanaman tersebut menyebabkan keracunan hingga sakit kepala.

Itulah ulasan singkat tentang tanaman hias beracun yang penting diwaspadai bagi Anda dan keluarga.



Related Articles

Back to top button