Mengenal Sejarah dan Keunikan Tari Gatotkaca

Baaca.id — Salah satu budaya yang ada di Indonesia yaitu Tari Gatotkaca Gandrung menjadi salah satu jenis kesenian gerak berirama yang mengisahkan tentang percintaan salah satu tokoh dalam wayang yang terkenal dengan sebutan Tari Gatotkaca.

Dalam Bahasa jawa kata gandrung memiliki arti “sayang”. Dalam tarian ini mengambil kisah dari pewayangan Tari Gatotkaca yang menunjukkan sikap romantisme ksatria putra bima tersebut.

Tari Gatotkaca menjadi salah satu pertunjukkan pada acara adat misalnya pernikahan. Salah satu pemain yang memerankan sebagai gatotkaca, pemain tersebut sudah sejak kecil mengenal tarian tersebut.

Ia sangat mantap menjadi penari gandrung Gatotkaca sejak tahun 2005 silam. Ia juga mengisahkan makna tarian tersebut sebagai “Gerakan tari gandrung sebagai lenggok sikap Gatotkaca yang sedang kasmaran oleh seorang Dewi Pergiwi”.

Tari ini terkenal dengan kesaktiannya. Akan tetapi dibalik kekuatannya yang terkenal sebagai otot kawat balung wesi lemah terlarut dalam asmara dan romantic yang di miliki oleh seorang Dewi.

Sejarah Tari Gatotkaca Gandrung

Tari Gatotkaca gandrung sudah muncul pada masa pemerintahan Mangkunegara V Kesultanan Surakarta. Meski saat itu masih memakai panggung kesenian di Surakarta saat ini mulai mengalami kemunduran karena kurangnya pemasukan yang disebabkan oleh produksi gula.

Kemudian keunikan dalam tarian ini secara berpasangan antara tokoh Gatotkaca dan Pergiwa yang ada dalam alur cerita yang sudah disajikan. Tarian ini terkenal dengan kesatria mandra guna juga memiliki sisi romantisnya.

Gatotkaca merupakan seorang tokoh dalam wiracarita Mahabharata, putra dari Bimasena (Bima) maupun Werkodara yang menjadi keluarga dari bangsa rakshasa. Gatotkaca dalam kisahnya memiliki kekuatan yang luar biasa.

Jagoan Para Dewa

Pada versi wayang Jawa, tetuka diasuh di kahyangan oleh Narada yang saat itu sedang digempur oleh Patih Sekipu dari Kerajaan Trabelasuket. Patih mendapat utusan dari rajanya untuk melama bidadari yang bernama Batari Supraba.

Tetuka saat itu dihadapkan sebagai lawan Sekipu, semakin dihajar Tetuka malah semakin kuat. Karena malu, maka sekipu mengembalikan tetuka kepada Narada untuk dibesarkan saat itu juga.

Baca Juga:

Tata Rias dan Busana Tari Gatotkaca

Sebelum memulai Tari Gatotkaca para pemain menyiapkan properti yang dibutuhkan saat acara pementasan tersebut dimulai yang meliputi.

  1. Mahkota, sering dipakai diatas kepala yang memiliki warna emas yang menggambarkan bahwa orang tersebut adalah seorang pangeran.
  2. Kain/baju dan celana setengah panjang yang terbuat dari kain beledu hitam yang berhias permata dari manik-manik yang memiliki beraneka ragam warna bergemerlapan. Kemudian ikat pinggang yang terbuat dari logam yang berkilauan.
  3. Selendang terletak di belakang yang mirip seperti sayap yang menggambarkan bahwa gatotkaca merupakan salah satu ksatria yang bisa terbang ke angkasa.

Ragam Gerakan Tari Gatotkaca

Dalam Tari Gatotkaca termasuk dalam jenis tari wayang yang memiliki gambaran dalam bentuk tarian esensi peristiwa yang sudah melatar belakanginya. Namun tidak dibawa secara keseluruhan, hanya pada peristiwa-peristiwa tertentu saja.

Berikut ini beberapa gerak-gerak yang ada dalam Tari Gatotkaca dapat Anda lihat di bawah.

  • Gerak pokok, yaitu adeg-adeg, jangkung ilo, minced, gedut dan lengkahan.
  • Gerak khusus yaitu Gerakan yang pada umumnya memiliki karakter/tarian tertentu, misalnya pada gatotkaca yang monggawa dan ngalana, gerak khusus meliputi pakbang.
  • Gerak peralihan menjadi salah satu gerak yang menggunakan sisipan yaitu gerak pokok dan gerak penghubung.
  • Gerak penghubung merupakan gerak yang peralihannya memiliki fungsi sebagai penghubung ke koreografi yang diiringi oleh embatnya perbedaan, baik embat naik maupun embat turun.

Fungsi Tari Gatotkaca Dalam Masyarakat

Tari Gatotkaca menjadi salah satu sarana liburan yang menjadi bentuk penciptaan tari yang di tunjukkan hanya untuk di tonton. Tari menjadi salah satu sarana pertunjukkan yang memiliki bentuk komunikasi sehingga ada penyampaian pesan dan penerima pesan.

Dalam tari ini lebih mementingkan bentuk estetika dan tujuannya. Tarian ini lebih digarap sesuai dengan kebutuhan yang dipertontonkan.

Keunikan dari Tari Gatotkaca

Dalam tari ini menunjukkan sisi romantik gatotkaca yang selalu diidentikkan sebagai ksatria yang gagah perkasa di medan perang. Namun dibalik kegagaha gatotkaca juga seorang yang romantic, lembut dan gantle saat menghadapi wanita.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button