Tembus Pasar Mancanegara UMKM Harus Mampu Manfaatkan Teknologi

Baaca.id, MAKASSAR – Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin berpeluang menembus pasar mancanegara. Dengan catatan, mampu memanfaatkan teknologi.

Sekprov Sulsel, ABD Hayat menyampaikan, para pelaku UMKM dan sektor ekonomi kreatif saat ini terus didorong memanfaatkan teknologi.

Selain untuk memperluas akses pemasaran, pemanfaatan teknologi juga perlu guna menekan dampak penyebaran Covid-19.

“Sepanjang tahun 2020, dukungan penuh diberikan kepada UMKM melalui pendampingan usaha secara online,” ujar Abd Hayat.

Dikatakan pula, pemerintah juga terus memberikan perhatian demi mengembangkan sektor UMKM. Di antaranya, telah membuka akses pembiayaan seperti kredit usaha rakyat (KUR), fasilitasi legalitas badan usaha dan operasional UMKM.

Juga melebarkan akses pasar, penguatan kapasitas SDM serta penyaluran Bantuan Presiden Usaha Mikro.

Diakui, selama pandemi saat ini, para pelaku UMKM menghadapi sejumlah tantangan. Di antaranya, kesulitan memperoleh modal, kesulitan mengakses modal dari perbankan, hingga kesulitan mendapat bahan baku karena suplai bahan baku berkurang.

“Dengan bantuan dari pemerintah, pelaku UKM bisa mengatasi berbagai tantangan tersebut. Bantuan dari pemerintah diantaranya berupa keringanan pajak, relaksasi pinjaman bank, meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi digital hingga memperluas pasar,” jelasnya. (*)

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button