Tempat Makan di Makassar, Soal Rasa Gak Kaleng-kaleng

Baaca.id — Berkunjung ke Makassar, tak lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner khas Kota Daeng. Selain berwisata dan mengeksplorasi wisata alam, sejarah dan budayanya banyak makanan khas yang digemari para wisatawan.

Untuk menikmati kuliner yang benar-benar lezat tak jarang sangat menguras dompet. Hal itulah yang membuat kita kurang puas dan terbatas dalam mengeksplorasi makanan.

Namun jika kita lebih cermat, ada banyak juga tempat makan di Makassar dengan harga yang masih terjangkau. Meski murah, tentunya soal rasa tidak murahan.

Berikut adalah rekomendasi tempat makan di Makassar dengan harga yang terjangkau.

1. Coto Nusantara Merpati

Coto Makassar sudah terkenal seantero Nusantara dan bisa ditemui dibanyak daerah. Namun tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas ini didaerahnya sendiri.

Coto nusantara merpati terletak di Jln. Merpati No 02, Kunjung Mae, Kecamatan Mariso, Makassar. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau mulai dari Rp 15.000.

Meski dengan harga terjangkau, tempat makan di Makassar ini sangat terkenal bahkan sering dikunjungi para artis. Hal ini didokumentasikan dengan pajangan foto artis-artis ibu kota di dalam restoran tersebut.

2. Warung Nasi Kuning Begadang Hj. Teo Wasfah Latifah

Jika kalian kelaparan tengah malam, tempat ini solusinya. Rumah makan nasi kuning ini memang buka dari malam hari hingga subuh.

Nasi kuning biasanya disajikan dengan berbagai macam lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Terdiri dari ayam, paru, berbagai sayuran, sambal ubi kering, dan acar timur. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp 10.000.

Kamu juga bisa meminta kuah kaldu tambahan yang disajikan secara terpisah sebagai pelengkap nasi kuning kalian.

Harganya yang terjangkau membuat tempat makan di Makassar ini ramai dikunjungi warga lokal hingga wisatawan.

Nah buat kalian yang lapar tengah malam, gak ada salahnya ya untuk mampir ke tempat ini. Letaknya di Jln. Maccini raya No. 226, kec. Panakkukang, Makassar.

3. Rumah Makan Nelayan

Jika kamu pecinta ikan, wajib banget datang ke tempat makan ini. Olahan ikan bakar atau goreng dengan balutan sambal rica-rica akan terasa khas dan lezat untuk dinikmati.

Rumah makan ini terletak di Jalan Ali Malaka nomor 25, Makkasar. Tempat makan di Makassar ini cukup terkenal, banyak juga wisatawan yang berkunjung dan menjadi tempat makan favorit untuk singgah.

Baca Juga:

Selain olahan ikan, terdapat menu lainnya juga yang tak kalah lezat. Kamu bisa mencicipi menu pendamping andalan di restoran ini yaitu sop ikan woku.

Perpaduan rasa asam, pedas, gurih dan segar sekaligus harum, dijamin bikin ketagihan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 65.000.

4. Warung Bravo Pisang Ijo

Es pisang ijo adalah salah satu kuliner familiar dari Makassar. Menjelang idul fitri, makanan ini sering dijadikan menu pembuka ketika berpuasa.

Warung Bravo salah satu tempat yang menjual pisang ijo dengan harga terjangkau namun kualitas rasa tetap lezat. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 22.500 saja.

Terletak di Jln. Andalas, No. 254, Makassar, kabarnya tempat makan ini sudah berdiri sejak 1986. Bahan dasar sirupnya sendiri sangat khas karena diolah sendiri dan tentunya berbeda dengan es pisang ijo lainnya.

Selain es pisang ijo, tempat ini juga menawarkan menu lainnya seperti es palu. Meskipun terlihat sama, tetapi bahan dan pembuatannya sangat berbeda. Es pisang ijo mnggunakan bahan pisang kapok sedangkan es palu menggunakan pisang raja.

5. Pallubasa Serigala

Tempat makan di Makassar ini sangat legendaris, bahkan sering dikunjungi para tokoh ternama seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf kalla, hingga presiden Joko Widodo.

Dengan adanya kunjungan orang-orang penting tersebut membuktikan bahwa rasa pallubasa tempat makan di Makassar ini tidak dapat diragukan lagi.

Salah satu yang membedakan pallubasa dengan Coto Makassar adalah parutan kelapa yang telah disangrai di dalam kuah. Oleh karena itu kuah pallu akan terasa lebih kental dibandingkan coto.

Harga yang ditawarkan relatif murah. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 20.000/porsi.

Jika kamu ingin menikmati kuliner ini. Kamu bisa datang ke Jln. Serigala XIV, Mamajang Dalam, Makassar. Tempat ini biasanya buka dari jam 08.000-23.00. Jangan sampai kehabisan ya.

6. Sop Ubi Datu Museng

Perpaduan ubi goreng yang dicampurkan ke dalam hidangan sop mungkin terlihat sangat aneh. Namun di Makassar, kuliner ini sudah biasa bahkan sering dinikmati.

Sop ini terdiri dari ubi singkong goreng, potongan daging, sayuran, soun, kacang tanah, kuah kaldu, dan telur.  Ubi singkong ini menjadi pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat.

Hidangan ini bisa kamu beli dengan harga Rp 25.000/porsi, cocok dikonsumsi kapanpun baik siang maupun malam.

Meski terlihat sederhana, rasa yang disajikan tetap juara karena cita rasa yang disajikan sangat khas dan dari resep turun temurun. Tempat makan di Makassar ini juga sudah sangat legendaris, berdiri sejak 1950an dan tak pernah kosong dari pengunjung.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button