Rekomendasi Tempat Wisata Bulukumba Selain Pantai

Baaca.id – Bulukumba berada di Sulawesi Selatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Bantaeng yang ada di sebelah Barat, Kabupaten Sinjai berada di sebelah utara, dan Kepulauan Selayar di sebelah Selatan.

Selain dikenal dengan pengaruh kerajaan Gowa dan Bone pada abad ke-17, kabupaten ini juga dikenal dengan keindahan alam yang sangat memikat mata. Bagi kamu yang akan berlibur, bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata Bulukumba.

Untuk menjelajahi berbagai tempat wisata Bulukumba membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dari kota Makassar, baik menggunakan transportasi mobil maupun motor. Dikutip dari nyero.id, biasanya orang hanya mengenal pantai berpasir putih di Bulukmba, padahal ada juga beberapa tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya.

Bagi kamu yang hobi berfoto, kamu bisa mengunjungi tempat wisata Bulukumba yang terdiri dari wisata alam, cagar budaya, tempat bersejarah, tempat romantis daan area bermain anak.

Destinasi wisata di kabupaten ini mempunyai julukan Butta Pabrita Lopi, hal tersebut dikarenakan tempat ini di dominasi oleh banyaknya pantai. Pantai-pantai yang ada di daerah tersebut tentunya mempunyai keindahan tersendiri dan mempunyai ciri khas masing-masing.

Akan tetapi selain pantai, ternyata ada juga tempat wisata alam lainnya. Berikut ini beeberapa tempat wisata Bulukumba:

1. Bukit Donggia

Pada saat berkunjung ke tempat ini, kamu akan disambut dengan keindahan hamparan perbukitan hijau dan sungai. Tempat ini berlokasi di Kahayya, Kec. Kindang, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Bukit Donggia berisi hutan tropis dan memiliki ketinggian sekitar 1.400 mdpl. Dikutip dari itrip.id, disana kamu bisa menikmati pemandangan bukit dengan berfoto dan bersantai. Tempat ini sering kali dijadikan tempat untuk berkemah.

Akses menuju wisata ini sedikit susah. Kendaraan yang melaju pun harus ekstra hati-hati pada saat melintasi jalanan ini. Bebatuan licin yang menyebabkan wisatawan perlu berhati-hati. Tiket masuk ke Bukit ini hanya Rp 5.000/orang.

Baca Juga:

2. Pemandian Hila-Hila

Pemandian Hila-hila dekat dengan makam Dato Tiro. Dato Tiro dikenal sebagai penyiar Agama Islam yang terkenal di Sulawesi Selatan. Warga sekitar percaya bahwa pemandian ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Akan tetapi tidak sedikit dari wisatawan menikmati pemandian Hila-hila dengan berenang atau sekedar bersantai. Wisata satu ini dihiasi dengan pepohonan kelapa yang rindang. Lokasinya berdekatan dengan pantai yaitu berada di Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

3. Kawasan Adat Ammatoa Kajang

Tempat wisata Bulukumba ini berada di Tanah Toa, Kec. Kajang, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan. Di sini, kamu akan menyaksikan adat yang sangat kental pada kawasan ini.

Terdapat corak hitam yang sering ditemui karena hitam merupakan warna yang melambangkan filosofi masyarakat setempat. Inilah kenapa wisata ini dikatakan mempunyai keunikan tersendiri.

Harga tiketnya pun cukup murah hanya Rp 10.000/orang. Kamu akan menikmati keunikan ditempat ini karena masyarakat yang masih menjunjung adat dan budaya sekitar.

Selain itu, kamu juga akan menyaksikan keasrian pepohonan, batu yang rapi berjajar, serta rumah-rumah yang menghadap ke arah dan bentuk yang sama. Hal tersebut menjadikan tempat ini kental akan adat istiadat.

4. Gua Passohara

Bagi kamu yang memiliki hobi berpetualang, tempat ini dapat kamu jadikan destinasi favorit yang mengasyikkan. Di Gua Passohara ini kamu dapat menyaksikan keindahan gua yang di dalamnya terdapat sumber mata air yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Gua Passohara terletak di Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk tiket masuknya hanya Rp. 8.000 saja, kamu sudah bisa berwisata ke tempat ini bersama keluarga maupun teman terdekat.

Sebelum kamu mengunjungi Gua Passohara, kamu harus melewati medan yang licin dan terjal, membuat lokasi ini lumayan sulit untuk dijangkau. Kamu juga perlu menelusuri dari mulut gua yang terbilang lumayan jauh sampai ke gua bagian dalam. Meskipun begitu, letih kamu akan terbayarkan oleh pesona Gua Passohara yang sangat mengagumkan.

5. Perkebunan Karet Lonsum

Perkebunan Karet Lonsum merupakan rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Meskipun masuk ke tempat ini gratis, namun keindahan alam yang ditawarkan tidam kalah menarik dari tempat wisata Bulukumba lainnya. Perkebunan ini terletak di Tibona, Kec. Bulukumpa, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Disini kamu juga bisa menyaksikan pepohonan karet yang tumbuh subur di kawasan ini. Bagi kamu yang penasaran tentang proses pengolahan dan panen tumbuhan karet, kamu bisa menuju lokasi ini.

Perkebunan ini telah dibangun sejak 1918. Dan telah menjadi tempat agrowisata yang dikelola oleh pemerintah setempat. Meskipun kawasan ini sudah berdiri sejak lama, keadaan perkebunan masih terawat dengan baik. Kamu juga bisa memanfaatkan pemandangan pepohonan ini sebagai background untuk berfoto.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button