5 Tempat Wisata di Bone yang Wajib Dikunjungi

Baaca.id – Bone merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang menyimpan surga wisata alam yang indah dan tempat wisata bersejarah yang wajib di kunjungi dan di eksplor.

Bone terletak di Sulawesi Selatan, ibukota kabupaten ini berada di kota Watampone. Wilayah Kabupaten Bone mempunyai posisi yang strategis. Di wilayah Bone ada perbukitan yang terdapat banyak aliran sungai yang jernih dan pegunungan di sekitarnya banyak lembah yang dalam.

Selain itu terdapat juga ragam keindahan alam yang belum terjamah dan memukau sehingga membuat kita betah pada saat mengujungi tempat wisata di Bone.

Selain untuk wisata alam, di Bone juga ada sejumlah tujuan wisata yang mempunyai nilai sejarah. Di mana terdapat barang-barang peninggalan sejarah dari nenek moyang atau dari kerajaan-kerajaan yang dulu pernah ada.

Bagi para wisatawan yang akan menjelajahi tempat wisata di Bone, tenang saja karena di kota Bone ini terdapat banyak tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi. Terutama bagi kamu yang ingin melepaskan penat dari keriuhan dan hiruk pikuk pekerjaan sehari-hari yang melelahkan.

Baca Juga:

Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Bone yang recommended dan instagrameble buat liburanmu:

1. Air Terjun Ladenring

Nama air terjun Ladenring cukup unik dan menarik. Di balik nama air terjun ini menyimpan panorama dan suasana yang cukup menyejukkan dan mempunyai keindahan yang menyejukan. Air terjun Ladenring mempunyai arti “Si Dinding”. Nama tersebut sering disebut oleh warga dan masyarakat sekitar karena bentukannya yang menyerupai dinding.

Tempat wisata di Bone ini berada di Desa Barugae, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone. Harga tiket masuk ke Air terjun ladenring ini hanya Rp 10.000/orang.

2. Pelabuhan Bajoe

Pelabuhan Bajoe menjadi salah satu tempat wisata di Bone yang nyaman. Kamu bisa bersantai lebih lama di sana, sekaligus bisa mengabadikan diri dengan berfoto dibalik keindahan alam yang ditawarkan. kamu bahkan bisa mengunjungi tempat ini secara gratis.

Tempat wisata di Bone ini terletak di Bajoe, Kec. Tanete Riattang Timur, Kab. Bone, Sulawesi Selatan. Pelabuhan ini awalnya merupakan pelabuhan umum yang sering dipakai oleh masyarakat sejak dulu untuk pintu masuk jalur laut.

Namun karena dermaga yang terletak di tengah laut ini sangatlah unik, akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Dikarenakan banyak yang tertarik, tempat ini kemudian dilirik oleh pemerintah setempat dan dijadikan sebagai salah satu obyek wisata.

Fasilitas umum nya juga ditingkatkan, sehingga para pengunjung merasa nyaman ketika menikmati pemandangan di sini.

3. Puncak Lima Jari

Pada awalnya, lokasi ini hanya bukit biasa, akan tetapi di olah dan dirawat serta dihias oleh masyarakat sekitar sehingga berubah menjadi sebuah tujuan wisata yang menarik. Puncak ini mempunyai spot foto berbentuk lima jari yang terbuat dari ranting pohon.

Adanya pemandangan alam berupa hamparan pohon hijau di belakangnya membuat tempat ini menjadi sangat cantik untuk dibagikan di sosial media kalian.

Selain itu kamu juga bisa menikmati Pemandangan indah, musik akustik yang digelar setiap hari Minggu, untuk menikmatinya kamu hanya membeli tiket seharga Rp 5000 saja.

Tempat ini bisa menjadi kombinasi yang tepat untuk menghabiskan liburan kamu di sini bersama keluarga juga bisa mengabadikan diri dengan berfoto di spot-spot yang unik untuk dibagikan ke sosial media. Puncak Lima Jari ini terletak di Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

4. Goa Mampu

Tempat wisata ini menyimpan keindahan seperti surga dunia yang tidak biasa dan banyak menyimpan misteri. Karena misteri itu juga banyak yang penasaran dengan lokasi tersebut. Salah satunya yaitu cerita yang menarik pada kisah yang dipercaya oleh warga setempat mengenai seorang putri raja.

Menurut legenda yang sudah tertulis di buku Lontara Bugis, Goa Mampu ini ada dikarenakan berkat adanya kisah seorang putri raja yang dikenal gemar menenun.

Akan tetapi secara tiba-tiba alat tenun tersebut hilang dan selanjutnya sang raja bersumpah siapa saja yang bersedia mengambil alat tenun tersebut akan dinikahkan dengan sang putri kesayangannya itu.

Hal yang tidak terduga akhirnya terjadi. Ada kejadian yang tidak diprediksi sebelumnya, yang membuat si raja marah besar. Siapa sangka hewan anjing peliharaan putri raja yang mengembalikan alat tenun tersebut.

Mengetahui hal tersebut, raja benar benar marah. Untuk meluapkan amarahnya, Raja pun mengutuk siapapun menjadi batu. Dalam sekejap mata, kampung tersebut sudah berubah menjadi batu.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Goa Mampu, kamu bisa langsung datang ke Cabbeng, Dua Boccoe, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.  Untuk masuk ke goa ini hanya dibandroli harga tiket Rp 10.000/orang.

5. Pantai Tete Tonra

Tempat wisata di Bone ini menjadi salah satu incaran para wisatawan dan lokasi tidak pernah sepi pengunjung. Biasanya wisatawan tertarik untuk menunggu pantai ini surut, supaya dapat menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih yang luas.

Pantai Tete Tonra berada di kota Watampone yang berjarak sekitar 61 km dari kota Bone. Pantai ini juga dipakai sebagai tempat pelatihan. Umumnya tempat ini digunakan oleh para Prajurit TNI sebagai tempat untuk berlatih.

Jadi tidak heran apabila saat kita berkunjung ke tempat ini, kita akan melihat barak atau tempat penginapan para Prajurit TNI.

Untuk masuk ke tempat ini hanya dibandroli dengan harga Rp 10.000/orang. Untuk alamatnya yaitu di Teluk Bone, Tonra, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button