Ini Deretan Tempat Wisata di Malino yang Wajib Anda Kunjungi

Baaca.id — Daerah Malino, yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, tepatnya berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sepertinya belum terlalu familiar bagi banyak orang. Apalagi yang berada di luar pulau Sulawesi. Daerah ini dikenal juga sebagai “kota bunga”, yang merupakan salah satu objek tempat wisata yang cukup terkenal di sana.

Namun jangan salah, meskipun belum begitu tersohor, nyatanya Malino justru menawarkan beragam destinasi wisata pilihan, yang siap menjadi teman istirahat santai anda.

Ada banyak jenis wisata yang dapat anda nikmati ketika berkunjung ke Malino. Salah satunya bagi anda yang hobi melakukan travelling. Setiap sudut di kota Malino begitu menarik dan dapat memanjakan mata. Sangat cocok bagi anda yang ingin sekedar melepas penat, ataupun mengabadikan momen rekreasi kepada para followers anda.

Jika anda ingin mengeksplor keindahan kota Malino secara menyeluruh, mungkin anda akan butuh waktu beberapa hari agar perjalanan wisata anda bisa lebih memuaskan. Dan setiap sudut di kota Malino dapat anda nikmati dengan lebih maksimal.

Berikut ini akan kami rekomendasikan beberapa tempat wisata di Malino, yang sekiranya wajib anda kunjungi.

1. Lembah Biru

Tempat wisata di Malino pertama yang wajib anda kunjungi adalah Lembah Biru. Lembah Biru merupakan destinasi wisata berupa pemandian, yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa.

Pemandangan menakjubkan tersebut berasal dari pegunungan dan hutan pinus yang mengelilingi lembah. Biasanya Lembah Biru digunakan sebagai tempat pemandian oleh para wisatawan guna menyegarkan badan, setelah sekian lama berada dalam perjalanan.

Nama Lembah Biru sendiri berasal dari kolamnya yang berwarna biru. Selain dapat menikmati pemandian, anda juga dapat menyinggahi beragam permainan mulai dari helium stick, water towe, titanic, hingga spider. Fasilitas lain berupa gazebo juga bisa anda gunakan, sebagai tempat untuk bersantai bersama anggota keluarga maupun teman-teman anda.

Harga yang dipatok untuk tiket masuk pun tergolong cukup terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 20.000,00 saja.

2. Hutan Pinus

Tempat wisata di Malino ini seringkali dijadikan sebagai background foto pre-wedding, karena keindahan yang ditawarkannya. Hutan pinus yang berjajar diantara bukit dan lembah ini, memang memberi sensasi liburan tersendiri.

Di sekitar hutan ada jalan menanjak yang berkelok dan melintas diantara deretan pegunungan dan juga lembah. Jika dilihat dari kejauhan, maka pemandangan ini juga akan terlihat indah seperti halnya lukisan alam.

Jalanan yang dilewati pengunjung pun menjadi pengalaman yang begitu menyegarkan. Kawasan ini juga terkenal sebagai kawasan rekreasi alam sejak dahulu, bahkan jauh ketika masih berada pada zaman penjajahan Belanda.

Anda cukup membayar retribusi sebesar Rp 5.000,00 untuk tiket masuk ke Hutan Pinus ini. Sangat murah untuk dapat menikmati pesona keindahan alam terbaik di kota Malino.

3. Agrowisata Strawberry Malino

Tempat wisata di Malino selanjutnya yang wajib anda kunjungi, adalah agrowisata Strawberry Malino. Warga Malino juga dikenal kerap membudidayakan berbagai jenis buah-buahan, misalnya saja strawberry ini.

Cuaca yang dingin akibat datarannya yang cukup tinggi di daerah ini, membuat tanah di lokasi ini sangatlah subur untuk ditumbuhi tanaman strawberry. Bila anda ingin mencicipinya, cobalah datang ke Agrowisata Strawberry Malino. Anda bisa merasakan sensasi memetik buah strawberry secara langsung dari kebunnya.

Semua bisa anda dapatkan hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000,00 saja.

Baca Juga:

4. 27 Taman Anggrek Malino

Tempat wisata di Malino berikutnya adalah Taman Anggrek Malino. Karena daerah Malino sangat terkenal dengan datarannya yang tinggi, menjadikannya tempat yang cukup subur untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman, terutama anggrek.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika terdapat sebuah taman anggrek yang dikelola oleh warga setempat. Mereka pula memanfaatkannya sebagai mata pencaharian.

5. Air Terjun Takapala

Berisi air terjun yang indah nan sejuk, Air Terjun Takapala menawarkan kawasan hijau yang segar. Tempat wisata di Malino yang satu ini juga kerap disebut sebagai puncaknya Sulawesi Selatan, karena  merupakan kawasan yang paling ramai dikunjungi untuk sekadar melepas penat.

Di kawasan ini anda juga bisa menikmati pemandangan Air Terjun Takapala yang memberi sensasi segar dan sejuk. Sementara di bawah air terjun ini, pengunjung bisa bermain dan menikmati percikan air yang jatuh dari air terjun.

Untuk dapat menikmati air terjun ini, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000,00 saja per orang, lengkap dengan berbagai fasilitas tambahan lainnya.

6. Gunung Gamping

Sepanjang perjalanan di kota Malino, pastinya Anda akan menjumpai pegunungan kapur yang berdiri kokoh. Itulah yang dinamakan Gunung Gamping, yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Bila ditengok dari penampilannya, Gunung Gamping tampak begitu menawan dan eksotis.

Apalagi dengan beragam tanaman tropis yang ada di sekelilingnya, menjadikannya begitu menakjubkan untuk dikunjungi. Jika anda ingin menyempatkan mampir ke tempat wisata ini, anda cukup menyisihkan Rp 2.000,00 saja.

7. Malino Highland

Selanjutnya ada destinasi wisata bernama Malino Highland. Tempat ini merupakan agrowisata kebun teh yang dikelola langsung oleh korporasi Malindo Highlands. Tempat wisata di Malino ini menjadi salah satu lokasi wisata termegah dan disebut juga sebagai salah satu landmark dunia.

Pengunjung bisa berkendara menyusuri jalan yang membelah kebun teh dengan luas 200 hektar ini, sambil menikmati kesejukan udara yang ada di kawasan ini. Tak hanya itu, Malino Highland juga menawarkan kebun binatang dengan beberapa hewan satwa langka, serta kebun bunga yang cantik dan menarik.

Untuk bisa sampai di tempat wisata ini, pengunjung bisa dengan mudah menjangkaunya. Hal ini karena lokasi ini memang termasuk lokasi yang strategis, dan bisa dijangkau dengan semua jenis kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat.

Malino Highland dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam dari kota Makassar. Tepatnya berada di Pattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

8. Gua Jepang

Gua Jepang juga merupakan salah satu tempat wisata di Malino yang menarik untuk anda kunjungi. Jika dilihat dari namanya, mungkin akan banyak orang mengira bahwa tempat ini adalah hasil peninggalan dari penjajahan bangsa Jepang.

Adapun memang begitulah faktanya. Gua ini menjadi saksi bahwa Jepang pernah menjajah wilayah Indonesia, khususnya kabupaten Gowa. Gua Jepang memiliki ukuran yang terbilang kecil, jika dibandingkan dengan ukuran gua lain pada umumnya.

Jika para pengunjung masuk ke Gua Jepang ini, maka mereka harus memasuki lubang yang memiliki bentuk horizontal. Setelah itu, pengunjung bisa menemukan batu-batu kapur yang mengeras berupa stalaktit maupun stalakmit yang ada di dalamnya.

Itulah dia, beberapa tempat wisata di Malino yang wajib anda kunjungi. Semoga dapat menjadi referensi anda, ketika berkunjung ke kota Malino, Sulawesi Selatan. Jadikan pengalaman anda berkunjung ke kota Malino begitu berkesan dan bermakna. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button