Temui Beragam Tempat Wisata di Palopo

Baaca.id — Bagi anda yang kebetulan berkunjung ke Sulawesi Selatan, pastikan untuk sejenak mampir ke kota Palopo. Karena disana terdapat banyak tempat wisata yang patut anda kunjungi, yang mungkin tidak akan anda temui di daerah lainnya.

Mulai dari wisata kuliner, budaya, tempat hiburan dan bermain dan sebagainya. Pengalaman anda berekreasi dijamin akan terada berbeda, ketika memilih Palopo sebagai destinasi wisata anda.

Ada beberapa tempat wisata di Palopo yang bisa anda kunjungi, yang dapat memanjakan mata, sekaligus bersenang senang ria disana. Jangan khawatir, sejumlah tempat wisata di Palopo ini sudah pasti Instagramable, alias sangat cocok untuk dijadikan pajangan atau background di akun media sosial anda.

Baiklah, langsung saja kita menuju ke yang pertama.

Bukit Kambo

Tempat wisata di Palopo yang pertama adalah Bukit Kambo. Ketika anda mengunjungi sebuah objek wisata tertentu, memang selalu mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Seperti halnya jika anda mengunjungi Bukit Kambo.

Bukit Kambo adalah salah satu destinasi wisata menakjubkan, yang wajib Anda kunjungi jika mampir ke Pulau Sulawesi. Keindahan bukit yang dipadu dengan benteng unik ini menciptakan suasana nyaman dan damai bagi setiap pengunjungnya.

Tentunya, tempat wisata di Palopo yang berada di atas bukit ini, juga menghasilkan udara yang segar dan pemandangan yang indah. Di atas Bukit Kambo, anda juga bisa melihat keindahan kota Palopo, yang pastinya dapat anda abadikan dengan ponsel kesayangan anda.

Fasilitas lainnya yang dapat anda nikmati di Bukit Kambo adalah penginapan, kuliner, serta kolam renang. Semua itu bisa anda nikmati, cukup dengan membayar retribusi sebesar Rp 35.000 saja.

Taman Segitiga

Tempat wisata di Palopo yang satu ini, adalah salah satu tempat yang paling indah dan cantik di kota Palopo. Tempat ini sangat cocok jika dikunjungi pada sore hari.

Tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang bagus dan menarik, dan tentu saja cocok untuk anda unggah ke akun media sosial anda. Salah satunya adalah tulisan ikonik yakni “Love Palopo City”. Taman ini telah berdiri sejak tahun 2017 silam.

Pemandian Alam Batu Papan

Jika anda ingin merasakan pemandian yang sejuk beserta pemandangan yang asri, maka pemandian Alam Batu Papan bisa jadi jawabannya. Tempat wisata di Palopo ini, terletak di kelurahan Surambu, kecamatan Telluwanua, kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Air di pemandian ini juga sangat bersih dan jernih. Anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil, karena jalan menuju pemandian ini sudah mendukung untuk berbagai jenis kendaraan. Biaya masuknya pun tergolong sangat murah.

Anda cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja, untuk dapat merasakan keindahan pemandian Alam Batu Papan.

Panorama Puncak Palopo

Tempat wisata di Palopo yang kekinian ini juga menghadirkan nuansa yang menyenangkan untuk dikunjungi. Berbagai spot foto menarik yang dipadukan dengan keindahan alam yang hijau dan mempesona, akan semakin memuaskan hasrat fotografi anda ketika mengunjungi tempat ini.

Tak ayal jika tempat yang satu ini sangat Instagramable, dan banyak diminati oleh para wisatawan.

Selain itu, Panorama Puncak Palopo juga menghadirkan udara yang sejuk dan nyaman untuk dinikmati. Anda bahkan bisa melihat keindahan Kota Palopo dari ketinggian, sehingga terlihat makin menawan.

Tempat ini juga tak lupa menyediakan gazebo untuk berfoto, sekaligus sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Baca Juga:

Kali Jodoh Latuppa

Kali atau sungai yang satu ini merupakan salah satu objek pariwisata yang menarik untuk disinggahi. Nama “Kali Jodoh” sendiri digunakan karena konon pernah ada cerita romantis yang terjadi di sungai ini, sampai akhirnya berujung ke pelaminan.

Tentunya, sejarah tersebut telah banyak dipercaya dan menjadi salah satu alasan tempat ini menjadi ramai dikunjungi. Selain itu, keindahan alam beserta kesegaran air di sungai ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, termasuk wisatawan asing.

Masjid Jami Tua Palopo

Masjid ini bisa menjadi salah satu destinasi yang menarik bagi para wisatawan, karena menyimpan sejarah panjang yang cukup menginspirasi banyak orang.

Pasalnya masjid peninggalan Kerajaan Luwu yang berdiri pada 1604 ini, masih eksis berdiri kokoh dan dimanfaatkan sebagai tempat ibadah umat muslim hingga saat ini. Hal ini tentu membuat Masjid Jami Tua Palopo menjadi salah satu bagian cagar alam yang dilindungi.

Tidak hanya tentang sejarahnya saja, masjid ini juga memiliki lapangan yang luas serta alun-alun yang didesain dengan bentuk arsitektur Islam. Kompleks kerajaan yang dihadirkan disini juga sangat kental dan mirip dengan kerajaan di Pulau Jawa.

Pantai Labombo

Pantai Labombo merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan pantai yang eksotis. Fasilitas yang disediakan di pantai ini juga sangat bagus. Di pantai ini, anda bisa menikmati kelapa muda yang dapat diambil langsung dari pohonnya.

Harga tiket masuknya pun juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per orang.

Goa Kallo Dewata

Tempat wisata di Palopo ini konon kabarnya sudah dipercaya sebagai tempat peristirahatan para Dewa. Anda tentu dapat melihat berbagai peninggalan budaya yang apik ketika memasuki wilayah ini. Terdapat tiga ruangan persegi empat di dalam goa.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan berbagai perabotan kuno seperti keris batu dan guci di tempat ini.

Goa Kallo Dewata bahkan juga pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan pada pemerintahan Belanda. Jika Anda tertarik untuk menelusuri goa ini, diperlukan waktu kurang lebih 20 menit untuk mencapai lorong goa. Pasalnya, lorong goa ini terhubung dengan beberapa goa lainnya di Kota Palopo.

Istana Kedatuan Luwu

Istana Kedatuan Luwu ini merupakan salah satu istana kerajaan tertua di Sulawesi Selatan. Istana ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik untuk dipelajari. Terdapat juga nilai-nilai budaya dan sejarah masyarakat Palopo pada masa lalu.

Di tempat inilah, segala informasi tentang sejarah Istana Kedatuan Luwu dapat anda temukan. Menariknya, istana ini adalah warisan budaya yang sama sekali belum tersentuh oleh zaman modern.

Nah, itu dia sejumlah tempat wisata favorit yang bisa anda kunjungi di kota Palopo, Sulawesi Selatan. Jangan sampai lupa untuk membagikan pengalaman wisata anda kepada teman-teman dan juga followers anda.

Beritahu mereka kalau Palopo memiliki banyak tempat wisata yang begitu indah dan sangat kekinian. Sehingga, Palopo akan semakin dikenal oleh seluruh penjuru nusantara, dan bukan tidak mungkin akan mampu menyaingi Bali, yang telah dikenal oleh dunia. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button