Pesona Tempat Wisata di Sinjai, yang Tak Kalah Cantik dengan Maladewa

Baaca.id — Sinjai adalah kabupaten di bagian timur pulau Sulawesi Selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa, Bone, dan Bulukumba. Sinjai bukan menjadi wisata utama di Sulawesi Selatan, namun memiliki beragam tempat wisata di Sinjai wajib dikunjungi.

Terdapat banyak wisata mulai dari wisata alam, cagar budaya, tempat bersejarah, kuliner khas, tempat romantis, area bermain anak sampai spot foto hits kekinian yang sangat instagramable. Berikut tempat wisata di Sinjai yang menakjubkan bisa menjadi referensi liburan Anda.

1. Rumah Adat Karampuang

Berkunjung di desa adat menjadi hal yang menarik dan memberikan sensasi tersendiri. Sebab di Indonesia yang memiliki kampung adat yang masih alami dan natural. Mengunjungi tempat wisata di Sinjai memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Kampung Karampuang menjadi tempat wisata di Sinjai yang masih menjaga serta melestarikan kebudayaan sinjai yang asli satu satunya. Saat berada di kampung adat, pengunjung masih bisa menikmati rumah adat dengan struktur Bugis kuno yang masih berdiri kokoh.

Sampai saat ini rumah adat masih dihuni oleh Raja atau To Matoa. Apabila rumah adat tersebut akan direnovasi maka harus diselenggarakan upacara adat terlebih dahulu. Tertarik mengunjungi desa adat satu ini?

2. Pulau Sembilan

Dinamakan Pulau Sembilan, karena tempat wisata di Sinjai ini terdapat sembilan pulau. Dari sembilan pulau tersebut, delapan diantaranya berpenghuni. Disana Anda bisa menikmati pemandangan laut luas tanpa ada batasnya.

Penghuni di pulau tersebut banyak yang budidaya ikan dan rumput laut. Salah satunya di Pulau Sembilan yang indahnya tak kalah dengan Maladewa yaitu Pulau Burungloe.

3. Air Terjun Lembang Saukang

Tempat wisata di Sinjai berikutnya yaitu Air Terjun Lembang Saukang terletah di Desa Sukamaju, Tellulimpoe. Memiliki bentuk yang unik dengan bebatuan yang menyusun seperti bertingkat tujuh.

Maka dari itu air terjun ini dinamai dengan sebutan air terjun Tujuh Tingkat. Namun sayangnya akibat dari bencana banjir dan longsor yang terjadi di kawasan itu pada 2006, struktur bebatuannya mengalami perubahan.

Pesona tempat wisata di Kabupaten Sinjai ini masih bisa menyelamatkan Anda yang sedang membutuhkan liburan. Jarak dari kota Sinjai ke air terjun cantik ini tak terlalu jauh hanya 30 menit saja.

Baca Juga:

4. Pantai Ujuang Kupang

Pantai ujung kupang berada pada jarak 15 km dari Sinjai. Keindahan yang luar biasa ditawarkan Pantai Ujung Kupang ini, airnya yang jernih serta batuan cadas yang menghampar cantik di pinggiran pantai.

Dari lokasi ini Anda juga bisa melihat Pulau Sembilan dari jarak jauh, datang pada saat sunrise atau sunset ya nanti Anda rasakan sendiri sihirnya.

5. Air Terjun Batu Barae

Air terjun batu barae merupakan salah satu tempat wisata di Sinjai yang memiliki suasana yang tenang dan udara yang sejuk akan langsung menyambut pengunjung saat datang ke tempat ini.

Dan jangan lewatkan untuk menjelajah pesisir Gunung Barae yang berada di kawasan ini. Lokasi Air terjun batu barae tak jauh dari pusat Kota Sinjai yang hanya memiliki jarak 35 km.

6. Taman Purbakala Batu Pake Gojeng

Pesona wisata yang ada di Kabupaten Sinjai berupa taman purbakala ini dapat membantu Anda semakin betah berlama-lama mengeksplorasi di kawasan ini. Tempat wisata di Sinjai yaitu Taman Purbakala Batu Pake Gojeng pada masa penjajahan sering digunakan untuk markas.

7. Mangrove Tongke-tongke

Tak lengkap berwisata ke Sinjai tanpa mengunjungi Tongke-tongke. Tempat wisata di Sinjai ini merupakan kawasan hutan bakau yang dikelola dengan baik, lokasi wisata ini terletak di Kecamatan Sinjai Timur.

Hutan bakau yang asri serta tertata dengan rapi ini juga dihuni oleh ribuan kelelawar. Penasaran ya ingin melihat ribuan kelelawar, Yuk datang ke wisata Mangrove Tongke-tongke ini.

8. Benteng Balangnipa

Tempat wisata di Sinjai berikutnya adalah Benteng Balangnipa, bangunan ini didirikan oleh Kerajaan Tellulimpoe pada abad XV. Benteng Balangnipa terbuat dari batu gunung yang sudah direkatkan dengan menggunakan lumpur Sungai Tangka.

Di bangunan ini terdapat empat buah Bastion (pertahanan), tak lama setelah selesai di bangun, Benteng Balangnipa direbut oleh Belanda karena memenangkan Perang Mangngarabombang. Selama dibawah kekuasaan Belanda, benteng ini mengalami renovasi menjadi bagus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button