Tergiur Harganya yang Tinggi, Karyawan Nekat Curi Buah Sawit Perusahaannya

Baacai.id, KOTAWARINGIN TIMUR — Saat ini, nilai jual buah sawit mengalami kenaikan yang tinggi. Harganya mencapai hingga Rp3.000 per kilogram.

Kenaikan ini memicu maraknya kasus pencurian buah sawit, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah.

Seperti yang dialami PT Windu Nabatindo Abadi yang berada di Desa Tumbang Koling, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotim. Perusahaan perkebunan sawit ini sering kehilangan buah sawitnya. Parahnya, yang melakukan pencurian adalah karyawan perusahaan itu sendiri.

Kapolres Kotim, AKBP Abdoel Harris Jakin, melalui Kapolsek Cempaga Hulu, Iptu Dwi Susanto mengungkapkan, pelaku yang telah kami amankan adalah karyawan perkebunan sawit itu sendiri, tepatnya karyawan yang bekerja di bagian panen buah.

“Pelaku bernama Hatmi. Usia 40 tahun. Dia warga Desa Tumbang Koling,” terang Dwi Susanto, Selasa (19/10/2021).

Terungkapnya kasus pencurian buah sawit ini, berawal saat petugas keamanan kebun melakukan patroli rutin pada malam hari sekira pukul 23.30 WIB di wilayah areal kebun.

Saat melintas di blok P-28 Divisi IV SMME PT WNA para saksi melihat ada sorot cahaya lampu senter di dalam Blok P-28 Divisi IV SMME PT WNA. Setelah diselidiki, ternyata mereka mendapati ada seseorang yang tengah melakukan pencurian buah di sana.

“Petugas keamanan kebun langsung melakukan penyergapan terhadap pelaku. Karena merasa terkepung, pelaku akhirnya langsung menyerah tanpa memberikan perlawanan,” kata Dwi.

Pelaku kemudian diserahkan ke polsek Cempaga Hulu, beserta sejumlah barang bukti yaitu berupa peralatan panen buah sawit seperti egrek dan tonjok, 82 buah jenjang buan sawit yang sudah dipanen, 1 buah gerobak dan 1 buah senter kepala.

“Kini pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka, dengan pasal yang disangkakan yaitu pasal 107 huruf (d) UU RI No. 39 tahun 2014 tentang Perkebunan Jo Pasal 363 Ayat (1) ke-4 KUH Pidana, dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun penjara,” pungkas Dwi. (#)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button