Terjadi Kebocoran, Direktur PDAM Makassar Ungkap Pipanya Peninggalan Belanda dan Jepang

Baaca.id, MAKASSAR — Terungkap, beberapa pipa dan meteran milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar dalam perbaikan. Demikian diakui Direktur PDAM Makassar, Hamzah Ahmad.

Di hadapan Wakil Wali (Wawali) Kota Makassar, Fatmawati Rusdi dan pihak Inspektorat, Hamzah membeberkan, tingkat kehilangan air di Makassar terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya kebocoran pipa, kerusakan meteran serta adanya permainan oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Pipa air kebanyakan pipa peninggalan belanda dan jepang juga hasil produksi di tahun 1980-an yang kondisinya memang sebagian sudah tidak layak. Termasuk juga dengan meteran ada beberapa yang mengalami kerusakan. Namun demikian kami tetap senantiasa melakukan perbaikan untuk meminimalisir adanya peningkatan kehilangan air bersih”,ungkapnya.

Berbeda dengan indikasi pencurian air, Dirut PDAM ini mengaku berdasarkan hasil investigasi di lapangan di temukan oknum tersebut berada pada kelas menengah ke atas. Olehnya itu dengan tegas Wawali Fatma meminta agar PDAM tidak tebang pilih.

“Kalau melihat tingkat kehilangan air dengan nominal yang cukup besar ini tentu sangat merugikan perusahaan. Dan jika memang memiliki landasan untuk itu,saya kira tidak ada alasan untuk tidak di tindaki. Siapapun itu silahkan berlakukan aturan”,tegas Fatma.

Terkait, Wawali Kota Makassar, Fatmawaty Rusdi menekankan agar PDAM bisa lebih memaksimalkan pelayanan ke masyarakat. Sehingga kebutuhan air bersih dapat di maksimalkan buat warga.

“Masih ada beberapa wilayah kita yang tidak mendapatkan distribusi air bersih. Saya harap PDAM bisa sigap dan segera menyalurkan air bersih ke rumah-rumah warga,” tutupnya. (*)

Related Articles

Back to top button