Terpuruk Sejak Pandemi, Apindo Memulai Kebangkitan UMKM dari Desa

Baaca.id, BULUKUMBA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terpuruk dihantam pandemi sejak akhir 2020. Apinda Bulukumba menggairahkan kembali sektor ini, dengan memulainya dari desa.

Sebelumnya Apindo telah menyasar Desa Bonto Bulaeng, Kecamatan Bulukumpa dalam kegiatan Peduli UMKM. Pekan ini kegiatan yang sama dilakukan di desa Tammatto Kecamatan Ujung Loe, Sabtu (18/9/2021).

Ketua umum DPK Apindo Bulukumba, Amir Bakriyadi mengatakan, salah satu solusi penting yang mampu mendorong gerak ekonomi desa adalah mengembangkan kewirausahaan bagi masyarakat desa. Apindo menawarkan solusi untuk pengembangan lapangan kerja di desa.

“Kewirausahan merupakan strategi pengembangan kesejahteraan masyarakat, dan apabila di desa ini UMKM bisa menjadi suatu gerakan masif. Maka merupakan hal yang sangat mungkin untuk mendorong perkembangan ekonomi perdesaan,” urai Amir.

Menurutnya, UMKM bisa menjadi penyangga ekonomi. UMKM tidak boleh lagi hanya dibangun di kota. Tapi juga harus menyasar desa.

Sementara, Kepala Desa Tammatto Arsul Sani, mengaku sangat mengaspirasi kegiatan Apindo Peduli UMKM dalam menggiatkan perekonomian di desa.

“Kita apresiasi kegiatan ini dengan menggelar pelatihan hidroponik yang bisa diaplikasikan bagi masyarakat desa kami’ ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Apindo Peduli UMKM juga menghadirkan narasumber Agus Arianto seorang anggota Polri yang juga pelaku usaha hidroponik.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button