Tiadakan Cuti Bersama 24 Desember 2021, Antisipasi Potensi Kerumunan Massal

Baaca.id, JAKARTA – Perayaan Natal (25/12/2021) dan Tahun Baru (1/1/2022) bertepatan hari Sabtu. Berkenaan itu, banyak pihak berharap, akan ada cuti bersama pada 24 Desember 2021.

Ternyata, pemerintah telah memutuskan meniadakan cuti bersama sehari sebelum Natal 2021. Hal itu berkaitan dengan upaya antisipasi pengendalian mobilitas masyarakat dan pengetatan protokol kesehatan (prokes).

Upaya tersebut tentu erat kaitannya dengan langkah pencegahan terjadinya lonjakan kasus coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Antisipasi Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) belum lama ini, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyampaikan, pengetatan mobilitas dan prokes di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Disebutkan, tren penurunan kasus Covid-19 yang terlihat di sebagian besar daerah tidak boleh membuat semua pihak lengah terhadap penularan kasus Covid-19.

“Kegiatan berskala besar dan luas seperti libur nasional dan libur kegiatan keagamaan biasanya menyebabkan kerumunan massa dan seringkali menyebabkan terjadinya lonjakan kasus COVID-19,” jelas Muhadjir.

Dijelaskan, melalui Surat Keputusan Bersama 3 Menteri telah menghapus cuti bersama pada 24 Desember 2021. Dengan begitu, hanya ada libur Sabtu-Minggu biasa, karena 25 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 jatuh pada hari Sabtu.

Kebijakan dan langkah antisipasi menghadapi libur Nataru itu lebih difokuskan pada rentang tanggal yang dianggap krusial yaitu mulai 23 Desember 2021 s.d 3 Januari 2022. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button