Jenis Ikat Simpul dan Cara Membuat Tiang Bendera Pramuka

Baaca.id — Jika kamu adalah anak Pramuka, pastinya kamu tidak asing dengan peralatan yang dibutuhkan untuk menempatkan tiang bendera Pramuka.

Anak pramuka sendiri dikenal oleh banyak orang karena kreativitasnya dalam membuat sesuatu yang berasal dari tali temali, tak terkecuali tempat untuk menempatkan tiang bendera ini.

Namun masih ada banyak anggota Pramuka yang belum tahu tata cara membuatnya, berikut penjelasannya:

Baca Juga: Berikut Daftar Masker yang Bisa Dicuci

Apa Saja yang Dibutuhkan?

Ketika kamu membuat tempat tiang dari bendera Pramuka ini, tentunya kamu membutuhkan alat dan bahan yang akan membantumu dalam pembuatannya.

Sebenarnya, alat yang dibutuhkan dalam pembuatan ini sangatlah mudah untuk dicari dan tidak ribet seperti kamu membuat barang-barang Pramuka yang lainnya.

Di sini kamu hanya membutuhkan alat dan bahan yang berupa tongkat Pramuka sebanyak 3 batang, tali Pramuka sebanyak 4 ikat, dan pasak yang jumlahnya 3 buah. Bukankah ini alat dan bahan yang mudah untuk dicari? Bagaimana tidak, sebab alat-alat ini dimiliki oleh hampir setiap anggota Pramuka.

Sebelum membuat tiang bendera Pramuka ini sebaiknya harus dipersiapkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan.

Selain itu ketika akan membuat tiang bendera Pramuka haruslah dengan teknik dan cara yang tepat. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghasilkan tiang bendera yang maksimal dan sesuai yang diinginkan.

Simpul Apa Saja yang dapat Digunakan?

Jika kita membahas tentang anak-anak Pramuka, maka kita tidak akan pernah lupa dengan jenis-jenis tali-temalinya yang sangat banyak, dan setiap jenis tali-temali mempunyai manfaat yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Begitupun dengan pembuatan tempat untuk tiang bendera Pramuka terdapat jenis tali-temali yang digunakan, berikut penjelasannya:

1. Simpul Canggah

Jenis simpul ini sangat membutuhkan pembuatan tempat untuk tiang bendera. Sebab dapat kamu gunakan dalam menyambung masing-masing ujung tongkat untuk menjadi satu.

Jika kamu memilih menggunakan simpul jenis lain juga tidak apa-apa, akan tetapi lebih efektif dan sangat cocok bila menggunakan simpul jenis ini.

2. Simpul Pangkal

Simpul kedua yang harus kamu gunakan adalah simpul pangkal. Simpul ini dapat kamu manfaatkan untuk mengawali ataupun mengakhiri simpul canggah, kemudian dapat mengikat tali yang nantinya akan menjadi penopang tiang bendera.

3. Simpul Jangkar

Simpul terakhir yang harus kamu kuasai dan kamu gunakan dalam membuat tempat untuk tiang bendera Pramuka yaitu simpul jangkar. Simpul ini berfungsi untuk mengikatkan tali penopang ke pasak yang menancap di tanah.

Itulah beberapa simpul yang dapat digunakan ketika Pramuka. Alangkah baiknya kalian mengenal berapa jenis simpul agar sewaktu-waktu dapat berguna ketika dibutuhkan dalam kegiatan pramuka.

Bagaimana Langkah-langkahnya?

Setelah mengenal dan memahami terkait jenis simpul yang dapat digunakan dalam kegiatan pramuka, tentu kalian juga perlu tahu langkah-langkah membuat tempat untuk tiang bendera Pramuka.

Baca Juga: Tips Memilih Sepeda Lipat Anak Laki-laki

Berikut ini kami akan membahas terkait langkah-langkah yang dapat kamu gunakan ketika membuat tempat untuk tiang bendera Pramuka:

  1. Letakkan 3 batang tongkatmu secara lurus, kemudian ikatlah tongkat-tongkat itu di masing-masing ujung tongkat dengan menggunakan simpul canggah.
  2. Jika 3 tingkat tersebut berhasil kamu ikat dengan simpul canggah, lalu ikatkan tali yang baru ke tongkat-tongkat tersebut dengan menggunakan simpul pangkal. Ikatlah agar ikatan tersebut tidak terlalu tinggi ataupun rendah, dengan ukuran sekitar pinggang anggota Pramuka.
  3. Setelah tingkat tali sudah terikat, minta satu orang untuk memegangi tiang agar dapat berdiri dengan tegak Lalu tarik tali kuat-kuat dan ikatlah ke arah tanah dengan menggunakan pasak. Lalu carilah tempat yang pas.
  4. Jika sudah menemukan tempat yang pas, ikat tali pada pasak dengan menggunakan simpul jangkar.

Ketika membuat tiang bendera Pramuka, perlu diingat bahwa kamu harus memperhatikan langkah-langkah dengan tepat dan benar. Karena jika langkah yang diambil ini salah tentu saja hasil tiang bendera Pramuka yang dibuat tidak maksimal.

Demikian artikel seputar tiang bendera Pramuka yang telah membahas mengenai jenis tali simpul dan bagaimana cara membuat tiang tendera untuk kegiatan pramuka

Diharapkan artikel ini dapat berguna bagi para pembaca khususnya anak Pramuka yang sedang mencari informasi mengenai cara pembuatan tiang bendera Pramuka.

Related Articles

Back to top button