Tidak Hanya Efisienkan Perizinan, LSBU Harus Garansi Kualitas Jasa Konstruksi

Baaca.id, JAKARTA – Resmi beroperasi pada Selasa (5/10/2021), Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) bakal mengifisienkan proses pelayanan perizinan jasa konstruksi.

Di lain sisi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang meresmikan LSBU menekankan, lembaga yang beroperasi melalui Online Single Submission (OSS) itu juga harus menjamin kualitas dari hasil jasa konstruksi.

Seperti diketahui LSBU siap mendigitalkan proses sertifikasi dan perizinan jasa konstruksi melalui sistem OSS. Sehingga pihak pemohon tidak perlu berinteraksi secara tatap muka.

Menurut Basuki, sistem OSS ini memberikan kemudahan karena layanan semakin fleksibel, dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan jaminan kualitas yang didasarkan pada sistem terintegrasi dan terstandar.

“Jangan sampai hanya memperhatikan kecepatan tapi lupa melihat kualitas hasil pekerjaannya. Kualitas ini akan terlihat di lapangan dan terasa dampaknya. Saya ingin dua hal ini dapat tetap berjalan beriringan, kecepatan berimbang dengan kualitas pekerjaan,” tegasnya.

LSBU dengan sistem perizinan terpadu juga dipercaya bakal mengantisipasi praktik korupsi di sektor jasa konstruksi. Basuki mengatakan, proses digitalisasi itu akan menekan upaya penyelewengan.

“Untuk itu, jangan hanya mendigitalisasi proses dari yang manual, tetapi juga harus mengubah perilakunya,” tegasnya lagi.

Terkait, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Taufik Widjoyono menyampaikan, hingga 30 September 2021 terdapat 7 lisensi LSBU yang telah diterbitkan.

LSBU tersebut saat ini telah siap untuk beroperasi, didukung dengan 253 personil asesor badan usaha yang telah melaksanakan Recognition Current Competency (RCC).

“LSBU yang sedang berproses untuk mendapatkan lisensi sebanyak satu LSBU, dan yang telah mengajukan permohonan akun pada aplikasi lisensi sebanyak 2 (dua) LSBU,” ujar Taufik. (*)

 



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button