Tips Lolos SNMPTN Jika Ingin Kuliah di Universitas Negeri Tanpa Tes

Baaca.id – Lolos SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap siswa yang memilih untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri.

SNMPTN menjadi dambaan dan harapan bagi para siswa, karena siswa bisa lolos ke perguruan tinggi negeri tanpa harus bersaing mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK bersama banyak siswa lainnya.

Akan tetapi, meskipun penilaian SNMPTN tanpa melewati seleksi tes ternyata bukanlah perkara yang mudah. Kamu akan melalui tahapan seleksi yang ketat.

Pendaftaran SNMPTN 2021 sudah dibuka pada tanggal 15 Februari 2021 kemarin. Bagi kamu yang masuk ke dalam kuota pendaftar SNMPTN tahun ini, selamat karena sudah berhasil melewati tahapan yang sangat ketat tersebut.

Bagi kamu yang sedang memasuki kelas 3 SMA dan akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri, berikut ini baaca.id merangkum dari kontan.co.id mengenai tips lolos SNMPTN yang harus kamu lakukan.

Baca Juga:

Tips Memilih SNMPTN yang Wajib Dilakukan

1. Perhatikan Grafik Nilai Rapor

Nilai rapor mulai dari semester 1-5 adalah salah satu faktor yang sangat menentukan diterima tidaknya di jalur SNMPTN ini. Akan tetapi, nilai tinggi saja tidaklah cukup. Grafik nilai kamu sebaiknya stabil atau kalau bisa meningkat dari semester 1-5 dan jangan sampai turun.

Nilai yang stabil/nilai yang meningkat pada grafik nilai, akan membuat peluang untuk lolos SNMPTN di jurusan dan perguruan tinggi negeri impian kamu semakin besar.

2. Kejar Nilai dan Prestasi Sebelum Terlambat

Untuk kamu yang masih duduk di kelas 1-kelas 3 awal tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki nilai dan prestasi kamu. Jangan lupa juga untuk nilai akademiknya jangan sampai turun, kalau bisa stabil dan meningkat.

3. Siapkan Portofolio Prestasi Kamu

Lolos jalur SNMPTN ini apakah cukup dengan modal nilai rapor saja? Tentunya tidak. Supaya tips lolos SNMPTN ini berhasil maka prestasi kamu di luar kelas selama sekolah juga sangat penting.

Pada saat mendaftar SNMPTN, sertakan juga sertifikat atau piagam penghargaan dari kompetisi, diantaranya seperti kejuaraan, atau lomba yang pernah kamu ikuti.

4. Mencari Tahu Terkait dengan Jurusan Pilihan di Perguruan Tinggi Negeri Impian Kamu

Apabila ditanya seputar informasi seputar jurusan pilihan, pasti kamu sudah sangat paham. Selain informasi substansial terkait dengan jurusan pilihan kamu, apa saja yang akan dipelajari, dan masih banyak lagi. Kamu juga perlu mengetahui informasi terkait penerimaan jurusan pilihan kamu ini.

Informasinya antara lain seperti kuota daya tampung, jumlah pendaftar, jumlah yang diterima, sampai dengan siswa yang diterima berdasarkan jurusan SMA dan provinsi. Tips lolos SNMPTN ini wajib kamu lakukan.

Karena dengan mengetahui informasi tersebut, kamu akan lebih bijak dan berhati-hati dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi negeri pilihan kamu.

5. Memilih Jurusan Lain

Apabila nilai rapor dan portofolio kamu belum cukup bersaing di jurusan yang peminatnya banyak dan dengan kuota yang sedikit, tidak ada salahnya apabila kamu memilih jurusan lain yang lebih sedikit peminatnya.

Kamu bisa lebih mengutamakan universitas dibandingkan dengan jurusan. Namun dengan catatan, kamu masih bisa dan menyukai jurusan tersebut.

6. Memilih Perguruan Tinggi Negeri Lain

Tips lolos SNMPTN ini cocok untuk kamu yang lebih mengutamakan jurusan dibandingkan universitas.

Apabila jurusan yang kamu impikan terdapat di universitas lainnya dengan jumlah peminat yang lebih sedikit, tidak ada salahnya untuk mencoba daftar di universitas tersebut. Karena pada akhirnya, ilmu yang dipelajari juga sama saja.

7. Cek-ricek Peluang dan Kesempatan

Pada umumnya, setiap kampus mempunyai kuota SNMPTN yang berbeda-beda. Misalnya, Universitas Indonesia (UI) memberikan jatah dengan total kursi 30% yang dibuka, sedangkan Universitas Brawijaya dan Institut Pertanian Bogor, persentase penerimaan SNMPTN nya lebih besar.

Beberapa yang harus kamu cek:

  • Jumlah Kursi yang ada di jalur SNMPTN pada tahun yang di ikuti.
  • Syarat untuk masuk jurusan seperti IPA/IPS/Bahasa/SMK jurusan tertentu.
  • Persentase keketatan persaingan.
  • Prodi yang tersedia dan terbuka pada tahun tersebut.

Itulah beberapa tips-tips untuk sukses lolos SNMPTN 2021. Untuk kalian yang sedang mempersiapkan SNMPTN harap lakukan tips seperti diatas, supaya lolos SNMPTN diatas. Semoga membantu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button